Apakah healing kerap kali dimaknai sebagai kata lain untuk lari dari tanggung jawab?


Sumber Foto : (Foto) Ingin Me-refresh Otak yang Penat? Coba Lihat 10 Pemandangan Alam nan Menakjubkan Ini - Semua Halaman - Intisari

Istilah healing semakin marak kita dengarkan di masa kini, terlebih di berbagai media social. Healing secara bahasa artinya adalah penyembuhan, namun para pemuda memaknai healing sebagai kegiatan refreshing dari sebuah rutinitas .
Namun semakin kesini, banyak orang yang melakukan vacation ke kota lain atau ke destinasi wisata padahal sebenarnya ia memiliki tanggung jawab yang ia emban dan belum terselesaikan, sehingga dengan dia melakukan kegiatan lainnya, malah menyebabkan tanggung jawab yang ia emban malah tertunda. Bagaimana menurut kalian tentang aktivitas healing ini? Dan bagaimana proporsi healing yang baik menurut anda?

1 Like

Wah, topik yang menarik untuk anak zaman now. Wkwk

Dari sebuah buku yang saya baca dengan judul “Self Healing is Knowing Your Self” setidaknya disebutkan ada 9 tipe atau ragam untuk healing pada diri sendiri ,seperti: Forgivness, Gratitude, Self Compassion, Mindfulness, Positive Self Talk, Expressive Writing ,Relaksasi, Manajemen Diri, Imagery.

Saya tidak akan membahas satu-persatu poinnya. Tapi saya mau menyampaikan bahwa dari 9 macam-macam self healing di atas dalam langkah penerapannya tidak ada yang menyebutkan menyebutkan semisal, “tinggalkanlah tugasmu”, atau “berpergilah, bertamasya, rekreasi 2 hari 2 malam”. Tidak sama sekali ditemukan cara yang demikian.

Justru langkah penerapan yang saya temukan adalah cara-caa yang sederhana dan tidak ribet bahkan tanpa perlu keluar uang, semisal, Regangkan otot, berfikirlah positif, tutup mata, duduk bersila, posisi relaksasi, dsb yang notabene bisa kita lakukan di rumah.

Maka, kejam sekali apabila mengartikan healing sebagai lari dari tanggung jawab.

Gambaran mudahnya, ketika kita sakit gigi, lalu kita berobat, apakah tujuan kita berobat agar kita lari tanggung jawab (supaya gigu kita tidak digunakan mengunyah)?. Tentu tidak. Kita berobat (healing) agar gigi kita bisa segera untuk digunakan mengunyah secara normal. Artinya dengan healing lah sebenernya agar kita mampu melaksanakan\menghadapi tanggung jawab yang ada, bukan malah meninggalkannya.

Good luck :slight_smile:

Referensi :
Diana, Rahmasari. 2020. Self Healing is Knowing Your Own Self. Surabaya: Unesa Universitas Press

Healing. Yang terlintas setelah mendengar kalimat ini adalah liburan, santai, main. Ya healing merupakan ungkapan yang cukup luas maknanya. Menanggapi topik ini, bagi saya healing bukan merupakan kata lain lari dari tanggung jawab. Karena healing tidak hanya sebatas itu, tapi lebih luas lagi maknanya. Walaupun healing kerap kali menjadi pelarian dari kesibukan. Tapi helaing merupakan cara seseorang untuk merefresh diri agar tidak jenuh menjalankan kewajibannya.

Setiap orang memiliki perbedaan dalam memaknai kata healing. Memiliki cara berbeda untuk melakukannya. Dan memiliki tujuan berbeda juga saat melakukan healing. Meskioun tidak sedikit yang berfikir bahwa healing berkonotasi negatif, namun jauh dari itu healing merupakan kegiatan positif yang sangat di butuhkan setiap orang.