Apakah Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam?

al_quran

(Hetty Mukammilah) #1

Apakah Hawa diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam? Apakah hal ini tidak bertentangan dengan al-Quran?


(macoy) #2

Dalam al-Quran terdapat beberapa ayat yang menyebutkan bahwa penciptaan wanita lebih akhir dari penciptaan pria. Dari sebagian ayat tersebut disimpulkan bahwa Allah Swt menciptakan wanita dari salah satu bagian eksistensi pria.

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan darinya Allah menciptakan istrinya.” (Qs. al-Nisa [4]:1)

Dia-lah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan darinya Dia menciptakan istrinya, agar ia merasa tenang di sisi istrinya.” (Qs. al-A’raf [7]:189)

Dia menciptakan kamu dari seorang diri, kemudian Dia jadikan dari (sisa tanah)nya istrinya.” (Qs. al-Zumar [39]:6)

Mungkin secara tersurat dari ayat-ayat ini dapat disimpulkan bahwa pertama-tama Nabi Adam yang diciptakan dan kemudian Allah Swt menciptakan istrinya, Hawa. Namun sebagaimana yang disinggung oleh sebagian ahli tafsir (mufasir) bahwa tidak dapat ditetapkan secara definitif dari ayat-ayat ini bahwa penciptaan wanita berasal dari tulang rusuk kiri pria (sebagaimana sebagian riwayat menyinggung hal ini).

Atas dasar itu, dapat disimpulkan bahwa penciptaan wanita dari tulang rusuk pria tidak dapat disimpulkan dari ayat-ayat al-Quran. Dari sisi lain, harap diperhatikan bahwa banyak riwayat dalam literatur Ahlusunnah seperti Bukhari yang menyebutkan bahwa penciptaan wanita dari tulang rusuk pria.