[Apakah Hate Speech] Stereotip dan Stigma Sosial dan Sains

Mayoritas saat ini jurusan yang ada adalah IPA dan IPS di setiap SMA. Ya, kita dipaksa untuk memilih. Di usia yang masih belia dan sedang dalam fase dimana keragu-raguan dalam memilih sebuah keputusan masih sangat tinggi kita harus memilih sebuah keputusan untuk hidup kita. Masalahnya kemudian timbul ketika terjadi ketimpangan dalam jurusan-jurusan tersebut.

Stereotip dan Stigma yang timbul kemudian bahwa memang anak IPS adalah mereka yang nilainya lebih kurang dibandingkan dengan jurusan IPA. Hal ini tentu merupakan bentuk dari sebuah diskriminasi yang terjadi terhadap jurusan IPS.Biasanya anak yang masuk IPA bakal dianggep lebih pinter, rajin, baik, suka nabung, dan masa depan cerah. Sementara anak IPS mendapat julukan nggak niat sekolah, malas, dan urakan.

Selain itu jumlah kelas juga bisa mendukung stereotip dan stigma tersebut. Rata-rata di setiap angkatan jurusan IPS tidak akan lebih dari kelas IPA. Dari jumlah tersebut sangat jelas terlihat bahwa anak-anak didorong secara tidak langsung untuk masuk ke jurusan IPA dan menomorduakan jurusan IPS.

Apakah Anak Bandel Disebut asalnya Anak IPS ini termasuk kedalam Hate Speech ?

Menurut saya termasuk hate speech. Karena dengan melabeli anak IPS adalah anak bandel dapat membuat masyarakat berpandangan bahwa semua anak IPS emang anak bandel. Padahal hal tersebut tidak sesuai dengan realita.