(Apakah Hate Speech?) Pengalaman Pahit Wanita Bercadar: Dituduh Teroris dan Dilempar Botol

image

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Penggunaan cadar di Indonesia hingga kini masih menjadi kontroversi. Misalnya, pada bulan Maret 2018 lalu rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melarang mahasiswinya mengenakan cadar di lingkungan kampus. Sebab mengenakan cadar dianggap sebagai bentuk radikalisme. Namun, setelah mendapat pertentangan dari berbagai pihak, larangan itu dicabut. Pertimbangannya, agar tercipta lingkungan kampus yang kondusif.
Dua bulan berselang, yakni pada Mei 2018, bom bunuh diri terjadi di tiga gereja yang berbeda di Surabaya. Kedua pelaku mengenakan cadar ketika melangsungkan aksi kejamnya. Karenanya, masyarakat semakin menaruh curiga kepada mereka yang bercadar. Apakah persepsi masyarakat yang menyebut wanita bercadar adalah teroris termasuk hate speech?

Sumber: https://kumparan.com/kumparannews/pengalaman-pahit-wanita-bercadar-dituduh-teroris-dan-dilempar-botol-27431110790550531

Menurut aku ini adalah hate speech. Wanita bercadar bukan berarti dia teroris. Wanita itu hanya menjalankan sunah dari agamanya, dan menutup auratnya. Tidak usah mendiskriminasi seseorang, atau memberi cap negatif kepada seseorang dengan hanya melihat dari penampilannya.