(Apakah Hate Speech?) Ketika Kehidupan Perempuan Dinilai dari Pakaian yang Ia Kenakan

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Berpakaian menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kepribadian dan gaya seseorang. Itu yang masing-masing orang pikirkan dan terapkan pada dirinya sendiri ketika memutuskan untuk mengenakan baju, celana, rok, dan berbagai potongan kain lainnya. Namun di mata orang lain, tak luput diri sendiri, pakaian seseorang menjadi salah satu faktor untuk memberikan penilaian terhadap dirinya dan hidupnya. Dengan kata lain, menghakiminya atas baju yang ia pakai. Apakah perilaku tersebut dapat dikategorikan sebagai hate speech?

Sumber: https://www.popbela.com/relationship/single/dinalathifa/menghakimi-perempuan-dari-pakaiannya

Menurut aku berpakaian itu salah satu bentuk seseorang mengekspresikan dirinya, pikiran dan kepribadiannya. Juga, itu adalah preferensi masing-masing, bukan ditentukan oleh orang lain maupun lingkungan. Maka, nggak seharusnya itu menjadi alasan untuk kita menilai dirinya dan kehidupannya, mengatakan pantas-nggaknya pakaian itu pada dirinya, menghakimi perilakunya dari panjang-pendek baju yang ia kenakan. Apalagi sampai menilainya sebagai perempuan yang kurang baik hanya ia mengenakan pakaian mini.
Jadi, seseorang tidak boleh memprovokasi orang lain bahwa seorang perempuan yg menggunakan pakaian mini, kehidupannya buruk. Itu belum tentu.
Jika memprovokasi seperti itu, bisa dianggap sbg hate speech.