Apakah harus khawatir jika gigi anak belum juga tumbuh saat usianya sudah 1 tahun?

Pertumbuhan setiap anak adalah unik dan tidak bisa dibandingkan dengan anak yang lain. Perbedaan ini termasuk kapan pertama kali gigi pertama tumbuh. Beberapa anak mulai tumbuh gigi di usia 6-8 bulan, tetapi ada juga yang sudah tumbuh gigi di usia 4 bulan. Lalu jika gigi anak belum juga tumbuh saat usianya sudah 1 tahun, haruskah khawatir?

Ada beberapa faktor yang memengaruhi cepat atau lambatnya tumbuh gigi pada seorang anak, di antaranya:

  1. Faktor keturunan
    Faktor keturunan juga memengaruhi keterlambatan tumbuh gigi. Jika Anda dan pasangan memiliki riwayat terlambat tumbuh gigi, maka kemungkinan besar anak Anda juga akan mengalaminya juga.

  2. Asupan kalsium saat hamil
    Asupan kalsium saat hamil ikut memengaruhi pertumbuhan gigi sejak di dalam kandungan. Namun bukan berarti ibu yang lebih banyak asupan kalsiumnya akan melahirkan bayi dengan pertumbuhan gigi yang lebih cepat. Hal ini juga dipengaruhi oleh daya serap kalsium setiap janin yang berbeda-beda.

  3. Kurang gizi
    Kurang gizi pada anak juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab gigi terlambat tumbuh. Anak yang berada di masa golden age perlu mendapatkan nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya. Jika hal ini tidak terpenuhi, maka pertumbuhannya akan terganggu. Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, lalu lanjutkan dengan MPASI setelah 6 bulan dengan menu yang bergizi.

Jika anak Anda belum tumbuh gigi hingga usia 1 tahun, maka hal ini tidak perlu dirisaukan. Terus rangsang pertumbuhan giginya dengan menggunakan teether atau tingkatkan tekstur makanan padat MPASI Anda. Apabila sampai usia 14 bulan belum juga tumbuh gigi, bawa anak Anda untuk periksa ke dokter gigi. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan dengan sinar x untuk mengetahui adanya benih gigi susu atau tidak.

Sumber: http://doktersehat.com/balita-usia-1-tahun-belum-tumbuh-gigi-haruskah-khawatir/