© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apakah gunung terkecil di dunia?

Gunung tinggi dan besar mungkin sudah biasa Anda lihat. Tapi pernah terbayangkan, ada gunung paling kecil? Nyatanya gunung terkecil ini memang ada dan bisa kamu temukan di China. Apakah gunung tesebut?

image

Namun, bagi pemula yang tertarik mendaki gunung, bisa mencoba mendaki gunung satu ini. Terlalu gampang malah. Gunung bernama Jingshan yang berada di Shouguang, Provinsi Shandong, Tiongkok ini disebut-sebut sebagai gunung terkecil di dunia lo.

Melansir dari Odditycentral, disebut sebagai gunung terkecil di dunia karena hanya memiliki ukuran 0,6 meter dari permukaan tanah ke titik tertinggi. Kendati demikian, gunung ini merupakan simbol keyakinan dan jadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal. Tak heran bila banyak turis yang datang hanya untuk melihat gunung tersebut.

Keberadaan Gunung Jingshan telah tercatat dan dapat ditelusuri melalui dokumen atau catatan resmi distrik setempat sejak 100 tahun lalu. Meskipun lokasi presisi, dimensi, dan ukurannya terdengar menggelikan jikalau disebut gunung, nyatanya Jingshan sempat dipercaya sebagai ujung sebuah gunung yang terkubur di bawah tanah.

Bahkan dulunya, gunung yang mirip bongkahan batu itu menarik perhatian banyak orang untuk menggali lebih dalam agar mengetahui ketinggian Gunung Jingshan tersebut.

Menurut Zheng Binhai, kurator pertama dari Shouguang Bo Museum, selama masa pemerintahan Mao Zedong, ada sejumlah orang yang diperintahkan untuk menggali tanah di sekitar Jingshan untuk membuktikan kalau itu bukanlah gunung. Setelah menggali beberapa meter dan tak bisa menemukan dasar dari gunung tersebut, mereka menyerah.

Selanjutnya pada tahun 1958, seseorang mencoba kembali menggali tanah di sekitar Jingshan dan lagi-lagi gagal menemukan dasar dari Gunung Jingshan. Akhirnya sejak saat itu, batu besar tersebut diakui sebagai sebuah gunung yang dikenal dengan nama Jingshan.

Gunung Jingshan pun kini menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Tiongkok. Karena sebelumnya banyak yang ingin membuktikan dasar gunung Jingshan, kini pihak berwenang tidak memperbolehkan siapapun untuk menggali bagian di sekitar gunung tersebut.