Apakah Google Allo tidak akan bersaing dengan aplikasi messenger yang ada?

  • Agree
  • Not Agree

0 voters

Google Allo dirilis beberapa waktu lalu oleh Google. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi messenger dengan fitur lengkap. Anda dapat berbagi foto, stiker, dan sebagainya. Ditambah dengan adanya Google Assistant di dalamnya, tentu memudahkan anda dalam bertanya mengenai cuaca, restauran terdekat dan lain-lain. Namun dengan fitur lengkapnya tersebut, Google Allo memiliki tampilan UI yang terlalu sederhana dan cenderung kurang menarik.
Dengan segala kelebihan dan kekurangannya,

Apakah Google Allo tidak akan bersaing dengan aplikasi messenger lain?

:white_check_mark: Agree

Ya, kalau menurut saya google allo tidak akan bersaing dengan aplikasi lain. seperti yang telah disebutkan tampilan google allo terlalu sederhana dan kurang menarik, hal tersebut akan berpengaruh pada pengguna lagipula fitur dari google allo pun masih kalah dengan aplikasi lain. Seperti google allo hanya bisa mengirim file media yaitu foto dan video sedangkan aplikasi messenger lain sudah mampu mengirimkan file seperti PDF, dokumen, data presentasi, dan pesan suara. Google allo juga tidak memiliki fitur video call serta aplikasi ini tidak menyediakan backup untuk menyimpan transkrip data chating.

1 Like

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Menurut saya tidak. Google Allo memang tidak dapat mengirimkan banyak berbagai jenis bentuk file data seperti mesenger, namun google allo menjadi multifungsi. Tidak seperti messenger yang secara garis besar hanya digunakan untuk berinterkasi antar sesama user, atau melakukan percakapan. Pada google allo anda juga dapat melakukan dua kegiatan sekaligus, yaitu berinterkasi dengan lawan chat anda, namun pada saat yang bersamaan anda juga dapat melakukan search mengenai apa yang ingin anda ketahui. Dalam google allo terdapat fitur google assistant, yang dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang user ajukan kepadanya.

Hasil yang diberikan oleh google assitant memang tidaklah sedetail, seperti saat kita melakukan search, melalui sebuah search engine. Namun hal ini memberikan efisiensi terhadap user. User tidak perlu membuka browser, cukup bertanya melalui google assistant, user sudah bisa mendapat jawabanya.

Google allo memberikan user kebebasan dalam mengatur penyimpanan pesan dan berapa lama pesan tersebut dapat bertahan sebelum akhirnya user memutuskan untuk menghapusnya. Hal tersebut membuat user dapat menyimpan dan melihat pesan yang sudah sangat lama, yang jika pada aplikasi messenger lain, pesan tersebut secara otomatis akan terhapus jika sudah mealui jangka waktu yang sangat lama. Google allo juga memberikan inovasi terhadap chat yang akan dibuat. chat tersebut dapat diubah ukuranya sesuai dengan yang kita inginkan. seperti gambar dibawah ini

Perubahan ukuran pada chat tersebut dapat memberikan daya tarik tersendiri kepada para pemakai google allo. tidak hanya itu, ukuran chat yang besar bisa saja membuat user lebih mudah dalam membaca, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pada mata. Selain itu google allo juga memeberikan fitur berupa smart reply, yaitu dimana anda tidak perlu mengetikkan kalimat anda. Namun google allo dengan sendirinya akan memberikan pilihan kalimat yang sesuai sebagai balsan untuk lawan chat anda. Fitur ini sangat berguna saat anda sedang dalam kondisi tidak dapat menggunakan handphone anda dalam jangka waktu yang lama,atau dalam jangka waktu tertentu. seperti saat menyetir kendaraan, atau sedang bekerja. contoh gambar dari smart reply

sumber :
-http://www.pocket-lint.com/news/137882-what-is-google-allo-how-does-it-work-and-why-would-you-use- it#
-https://allo.google.com
-http://www.pcadvisor.co.uk/new-product/google-android/what-is-google-allo-what-is-google-duo-google-allo-available-now-3640590/

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Saya tidak setuju dengan pendapat bahwa Google Allo akan kalah bersaing dengan aplikasi messenger lain. Mengapa? Karena banyak fitur yang terdapat pada Google Allo yang kebanyakan aplikasi messenger lain tidak memilikinya. Salah satunya adalah Google Allo memiliki fitur dimana user dapat mengirim SMS kepada siapa pun meski orang tersebut tidak memiliki Allo. Hal ini tentu mempermudah user karena user tidak perlu keluar dari aplikasi Allo hanya untuk mengirim SMS. Selain itu, adanya Google Assistant di dalamnya sangat mempermudah user. User dapat bertanya mengenai apapun kepada Google Assistant dan Google Assistant akan menjawabnya. Dan lagi, fitur ini mempermudah user karena user tidak perlu keluar dari aplikasi Allo dan menuju ke browsernya. Cukup dengan bertanya kepada Google Assistant dan ini akan menjawab pertanyaan user. User juga dapat mengundang Google Assistant untuk bergabung di ruang chat user hanya dengan mengetik @google pada ruang chat.
Banyak fitur pada Google Allo yang dapat memberi kesan lebih saat user ber-chat ria. Terdapat fitur dimana user dapat menggambar pada foto sebelum mengirimkannya. Fitur ini sedikit mirip dengan Snapchat, dan tentu saja menjadi nilai plus tersendiri bagi Google Allo.
Pada Google Allo juga terdapat banyak sekali stiker dan GIF yang ukurannya dapat disesuaikan sesuai keinginan user. Ini tentu saja memberi keceriaan lebih pada ruang obrolan.
Smart reply yang ada pada Google Allo pun menjadi nilai plus tersendiri. Google Allo akan mempelajari gaya berkomunikasi user, lalu kata-kata yang biasa user gunakan saat ber-chat ria akan muncul sebagai saran pada apa yang ingin user katakan.
Banyak fitur yang terdapat pada Google Allo yang dapat menjadi ‘kekuatannya’ untuk bersaing dengan aplikasi messenger lainnya. Sehingga saya yakin aplikasi ini dapat ikut berkompetisi pada dunia messaging.

Sumber :
http://indianexpress.com/article/technology/social/google-allo-vs-whatsapp-vs-facebook-messenger-and-others-competition-pros-and-cons-features-3046013/
http://www.techforever.net/2016/09/advantages-of-google-allo-over-whatsapp.html?m=1
http://www.theverge.com/2016/9/21/12996170/google-allo-review-assistant-messaging-chat-app

1 Like

:white_check_mark: Agree

Saya setuju dengan pendapat bahwa Google Allo tidak akan bersaing dengan aplikasi messenger lain. Yang pertama dari masalah “switching devices”, Google Allo tidak melakukan backup file apapun terhadap semua file yang ada di akun Google Allo user, jadi ketika user mengganti device mereka maka semua file hingga chat yang ada akan hilang. Dari segi privasi, Google Allo menyimpan semua chat yang anda lakukan dengan Google Assistant ke server mereka. Jadi user tidak bisa berbuat sesukanya dan Google Allo tidak aman karena tidak aktifnya fitur enkripsi end-to-end sehingga membuat privasi user disadap oleh orang lain dengan mudah. Ketiga keterbatasan platform, Google Allo hanya bisa digunakan pada “mobile device” dan tidak bisa digunakan pada pc maupun tablet. Dalam masalah interface, selain terlalu simple latar belakang dari Google Allo yang berwarna putih membuat mata menjadi silau pada malam hari dan user tidak bisa mengganti latar belakang sesuka hati. Dan kurangnya integrasi pihak ke-tiga membuat kurangnya refrensi untuk Google Assistant saat memberikan saran. Sistem chatting dari Google Allo juga menggunakan system SMS sedangkan kebanyakan orang sudah tidak menggunakannya dan juga untuk melakukan chat dengan orang lain kita harus memasukkan nomor handphone orang yang ingin kita hubungi.
Google Allo sudah menjadi aplikasi messenger yang kesekian kalinya dari Google dan yang menjadi pertanyaannya sekarang “Apakah kita akan menggunakan Google Allo? ”. Yang terpenting bagi user adalah kenyamanan dan kemudahan untuk menggunakan sesuatu. User akan lebih memilih aplikasi yang banyak digunakan oleh teman atau keluarganya, disinilah kekurangan lain dari Google Allo. Jadi, Google memiliki tugas yang besar untuk meyakinkan user bahwa messenger mereka yang paling baik untuk digunakan.

Sumber :

1 Like