Apakah Google adalah perusahaan terinovatif didunia teknologi informasi saat ini?

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”,

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.

Dari sekian banyak produk berupa barang dan jasa, hal inilah yang membuat Google dikatakan sebagai perusahaan terinovatif didunia teknologi informasi.

1 Like

:white_check_mark: Agree

Disini saya akan mengemukakan pendapat saya terhadap perusahaan ternama Yaitu Google.Inc. Saya setuju atau memilih untuk memilih bahwa Google merupakan perusahaan terinovatif. Selain itu, penemuan-penemuan ini cukup membantu kita.

Secara diam-diam Google telah mengembangkan sesuatu hal yang bernama Project X didalam lab rahasia Google. Labotarium tersebut bernama GooglePlex di Mountain View, California. Daftar Project X tersebut terdiri dari:

A. Project Glass

Project Glass adalah program penelitian dan pengembangan oleh Google untuk mengembangkan perangkat head-mounted display (HMD) dengan realitas tertambah. Maksud dan tujuan produk Project Glass adalah menyediakan informasi yang saat ini tersedia pada sebagian besar pengguna ponsel pintar tanpa bantuan tangan,dan memungkinkan adanya interaksi dengan internet melalui perintah suara berbahasa alami

B. Mobil Tanpa Sopir

Mobil tanpa sopir Google adalah proyek dari Google untuk mengembangkan teknologi untuk mobil tanpa sopir. Saat ini, proyek ini dipimpin oleh teknisi Google Sebastian Thrun, direktur Stanford Artificial Intelligence Laboratory dan salah satu penemu Google Street View. Tim pimpinan Thrun di Stanford membuat kendaraan robotik Stanley yang memenangkan 2005 DARPA Grand Challenge dan hadiah US$2 juta dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat

C. Project Loon

D. Google Contact Lens

Google Contact Lens (Lensa Kontak Google) diumumkan pada tanggal 16 Januari 2014, dengan tujuan memungkinkan para penderita diabetes dapat terus-menerus memeriksa kadar glukosa mereka dengan menggunakan metode non-intrusif.

1 Like

:white_check_mark: Agree

Saya akan membahas yang paling unik dari Project X pada perusahaan Google.Inc ini

PROJECT LOON

Project Loon adalah proyek yang bertujuan membawa akses internet kepada setiap orang dengan membuat jaringan internet menggunakan balon udara yang terbang di lapisan stratosfer.

Spesifikasi Balon

Namanya balon yang bisa memberi akses internet, pastinya butuh bagian-bagian yang berfungsi untuk mentransmisikan, kekuatan transmisi, memberi daya, dan lain-lain. Nah, teman-teman harus tahu dulu spesifikasi si balon ini yaitu :

  1. Panel Surya, yang digunakan sebagai sumber daya. Sumber daya diambil dari tenaga matahari.

  2. Transceiver, yang digunakan untuk lalu lintas data (menerima dan mengirimkan), termasuk radio.

  3. Sistem Pengendali, untuk menurunkan dan menaikan balon.

  4. GPS, sebagai alat untuk melacak lokasi balon.

  5. Diameter balon 40 m

  6. Bandwitdh 15Mbps

  7. Frekuensi/spektrum 900MHz

  8. Teknologi LTE (Long Term Evolution)

  9. Radius Pancaran 40 km atau 60.000 kaki

  10. Ketinggian : 20 km

  11. Umur atau masa terbang 187 Hari

:white_check_mark: Agree

Cara Kerja Google Loon :

Setelah diterbangkan, balon google akan terus naik sampai ketinggian sekitar 20 km, di ketinggian ini balon google berada pada lapisan atmosfer kedua yaitu stratosfer. Mengapa lapisan ini yang dipilih karena arah angin pada lapisan ini yang bertingkat-tingkat, setiap tingkatannya mempunyai variasi arah angin dan kecepatan angin yang berbeda-beda. Dalam hal ini Google menggunakan sebuah Algoritma khusus untuk mengatur agar setiap balon tersebut dapat menuju arah kearah tiupan angin yang benar sehingga balon-balon tersebut dapat tersusun dan membentuk suatu jaringan komunikasi yang besar. Selain itu ketinggian 20 km juga menjadi pertimbangan agar tidak menggangu lalu lintas penerbangan komersial, komunikasi antar maskapai, cuaca, dan kemungkinan faktor kecelakaan yang bisa terjadi.

Pada dasarnya, konsep balon ini hampir sama dengan BTS, dimana ponsel yang kita gunakan mendapat sinyal dari BTS terdekat, dan kita akan menerima sinyal dari satu BTS ke BTS lainnya (dialihkan), sehingga ponsel kita tetap dapat terhubung dangan jaringan provider di saat kita bergerak.

Namun Project Loon membalik konsep ini, bukan penerima yang bergerak, namun pengirim sinyal yakni BTS. Balon Google seolah-olah menjadi BTS menggantikan router nirkabel yang memancarakan Wi-Fi menjadi jaringan 4G LTE (Long Term Evolution). Jadi balon-balon tersebut akan bergerak dan secara bergilir terhubung dengan ponsel kamu.

Sasaran

Walaupun balon google ini menyediakan fasilitas internet yang memadai, namun ternyata balon ini tidak cocok diterbangkan pada daerah padat penduduk. Jadi untuk warga kota (seperti jakarta) akan sangat kecil kemungkinannya mendapat akses dari balon ini, alasannya :

  1. Kemampuan internet balon (bandwitdh) yang tidak cukup bahkan bisa dibilang kecil untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat kota

  2. Kemampuan edaran atau waktu terbang yang sebentar

  3. Infrastruktur yang lebih mahal ketimbang BTS di darat (terestrial)

  4. Faktor latency dengan infrastruktur darat.

Untuk di indonesia sendiri, pemerintah berencana untuk menerbangkan balon ini di sekitar kepulauan Sumatera, Kalimantan, dan Papua Timur.

Bentuk Asli Balon



:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Saya tidak setuju bahwa Google merupakan perusahan paling inovatif di dunia teknologi informasi saat ini. Boston Consulting Group (BCG) merilis laporan tahunannya tentang 50 perusahaan yang paling inovatif di akhir tahun 2015. Apple Inc. Menduduki peringkat pertama, sedangkan Google terdapat di peringkat kedua.

Bagaimana BCG mengetahui daftar ini? Mereka meminta 1.500 eksekutif senior untuk memilih perusahaan yang mereka anggap paling inovatif. Eksekutif tidak diperbolehkan untuk memilih perusahaan mereka sendiri. Peringkat juga didapatkan dari faktor lain yaitu berapa banyak uang perusahaan yang kembali ke pemegang saham. Berikut adalah grafik interaktif yang dirilis oleh BCG yang menampilkan peringkat perusahaan paling innovative dari tahun ke tahunnya.

Apple telah berada di peringkat paling pertama dalam 10 tahun terakhir yaitu sejak tahun 2005. Google sendiri berada di peringkat dua setelah Apple, bahkan Google pernah mengalami penurunan menjadi peringkat ketiga di tahun 2013. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa Google bukan merupakan perusahaan paling inovatif di dunia teknologi informasi saat ini.

Referensi :

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Menurut saya Google Inc. bukan perusahaan terinovatif di dunia saat ini. Hal ini saya sampaikan karena Google memiliki beberapa kegagalan dalam mengembangkan inovasinya, dan perusahaan menduduki tempat pertama perusahaan terinovatif saat ini adalah Apple Inc. Salah satu kegagalannya adalah Google Glass yaitu gagal untuk membantu konsumen memahami mengapa mereka membutuhkan alat tersebut.

Referensi :
http://www.forbes.com/sites/ianaltman/2015/04/28/why-google-glass-failed-and-why-apple-watch-could-too/#5680ba1c58ec

:white_check_mark: AGREE

Saya Sangat setuju jika perusahaan Google dinobatkan sebagai perusahaan terinovatif didunia teknologi informasi saat ini karena sebuah perusahaan dapat dikatakan innovatif jika bisa menghasilkan banyak produk produk kreatif. Google adalah salah satu acuan bagi banyak perusahaan karena Google selalu menghasilkan produk produk yang kreatif dan memiliki nilai guna yang tinggi contohnya seperti Google Loon yang disampaikan oleh teman saya Ade Listiawan.

Google selalu menginvestasikan dana untuk para ilmuwan dan para pengembang agar selalu dapat menghasilkan produk dan jasa yang inovatif. Setiap tahun google mendanai sekitar 250 proyek penelitian. google juga selalu menekankan inovasi kepada seluruh karyawannya dengan diadakannya google internship dimana para calon karyawan google akan diaudisi dengan cara menghasilkan berbagai macam produk dan jasa. google juga selalu memperhatikan para penggunanya baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga google sangat digemari oleh penggunanya. Hal inilah yang membuat google sebagai perusahaan terinovatif di dunia teknologi informasi.

http://www.inc.com/kevin-j-ryan/how-google-remains-one-of-the-worlds-most-innovative-companies.html

:white_check_mark: Agree

saya sangat tidak setuju dengan pendapat anda karena kegagalan dalam mengembangkan atau menghasilkan sebuah produk atau jasa bukanlah acuan dalam menentukan apakah suatu perusahaan itu inovatif atau bukan. perusahaan apple juga memiliki beberapa produk yang gagal dikembangkan dan dihasilkan. Iphone 5c merupakan salah satu produk yang bisa dikatakan gagal , tetapi sebuah atau lebih produk gagal bukanlah suatu acuan perusahaan inovatif, melainkan sebuah perusahaan mampu menghasilkan sebuah produk baru yang memiliki nilai guna tinggi atau bahkan mengembangkan produk produk yang sudah ada sehingga memiliki nilai guna yang lebih tinggi, efisien dan memiliki daya jual lebih tinggi.

Dalam hal menemukan produk dan mengembangkan produk, perusahaan Google adalah salah satu contoh yang sangat tepat karena perusahaan Google telah menghasilkan banyak sekali produk produk bernilai fungsi besar dan efisien , seperti Google Loon , Smart car yang sangat efisien dan masih banyak lagi produk produk inovatif lainnya yang ditemukan dan dikembangkan oleh perusahaan Google.

http://bgr.com/2016/02/18/apple-product-failures-all-time-lisa-pippin-newton/

:white_check_mark: Agree

Selain Project yang anda katakan, Google juga memiliki sebuah project smartphone yang komponennya bisa dilepas pasang. project tersebut dinamakan project ara. Sejak 2013, Google memiliki rencana membuat ponsel modular bernama Project Ara. Konsep ponsel pintar modular ini untuk memudahkan para pengguna menyesuaikan kebutuhan. Caranya dengan menghadirkan beberapa fitur dan komponen dalam bentuk modul atau sejumlah potongan. Beberapa komponennya dapat ditambah, diganti, atau dilepas tanpa mengganggu kinerja gawai tersebut. Namun ternyata Google mengalami kendala dalam pengembangannya. Pada hari terakhir konferensi Google I/O, Sabtu (21/5/2016), Google ATAP (Advanced Technology and Projects) mengatakan bakal memangkas beberapa hal sehingga Project Ara tidak akan menghasilkan ponsel pintar yang benar-benar modular.

Berdasarkan perkembangan terbaru, Google akan menawarkan bingkai (frame) dasar untuk ponsel Project Ara. Beberapa komponen akan terintegrasi dengan bingkai sehingga tidak bisa diganti oleh pengguna. Google memastikan perangkat Project Ara akan hadir dengan layar, prosesor, dan RAM yang tidak dapat diganti. Tapi memori penyimpanan, baterai, kamera, dan sejumlah komponen lain tetap masuk dalam modular sehingga bebas dibongkar-pasang. Google mengatakan, perubahan konsep itu lantaran kebanyakan pengguna tidak begitu acuh pada berbagai komponen tersebut. Dengan kata lain, ponsel Project Ara akan sama seperti ponsel pada umumnya. Tapi Google lebih lanjut menegaskan bahwa pengembangan Project Ara akan dilakukan di markas pusat sehingga gawai ini benar-benar “Ponsel Google”. Bahkan Google akan melakukan pengawasan ketat terhadap modul buatan pihak ketiga. Berbagai modul buatan pihak ketiga juga harus disetujui Google. Dan penjualan seluruh modul harus melalui Google.

Meski begitu, Google masih membuka kesempatan bagi para produsen dan pengembang yang ingin membuat modul ponsel Project Ara. Panasonic, TDK, Wistron, E-Ink, Toshiba, Harman, Samsung, Sony Pictures, dan beberapa perusahaan lain di bidang kesehatan dikabarkan sudah masuk dalam daftar pembuat modul. Sejak dikembangkan secara serius pada dua tahun lalu, Google merencanakan ponsel Project Ara akan dirilis secara komersial pada 2017. Tapi sebelum itu terjadi, menurut Cnet, Google meluncurkan ponsel versi pengembang pada akhir 2016. Selain ponsel pintar, Google diduga membuat sabak Project Ara. Pada Feburari silam, sebuah gawai berkode A8A01 yang diduga sabak (tablet) Project Ara muncul di situs ujicoba kinerja GFXBench. Menurut informasi di laman GFXBench, sabak ini memiliki layar berukuran 13,8 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Untuk urusan dapur pacu, terdapat prosesor Qualcomm Snapdragon 810, RAM 3 GB, dan memori internal yang terbagi dua; 10 GB dan 25 GB.

https://atap.google.com/ara/

:white_check_mark: Agree

Meskipun begitu, Google glass dapat membantu kita dalam menggunakan sebuah hal dengan mudah. Dengan adanya berbagai penemuan-penemuan unik yang ditemukan oleh Google.Inc sendiri merupakan sebuah bukti nyata bahwa Google.Inc merupakan perusahaan terinovatif. Selain unik, ciptaan Google.Inc ini merupakan projek yang belum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang setara dengan mereka. Meskipun kalah saing dilingkup pasar atau marketting, namun tetap rancangan-rancangan Google.Inc yang telah mampu mewujudkan sebuah hal yang dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari

:white_check_mark: Agree

Selain itu, sebelum adanya Virtual Reality. Google Inc telah mengembangkan sebuah Project yang bernama Project Tango. Project Tango ini merupakan sebuah alat untuk mendeteksi didaerah sekitar kita dari berbagai arah dengan Parameter tertentu. Hal ini sangat berguna apabila digunakan di alat transportasi, kita dapat melihat dijalan raya dari arah yang lain dan mengetahui apa saja yang ada didaerah tersebut seperti mobil melintas dari arah kanan, lubang jalan di depan, truk besar dengan kecepatan tinggi melintas. Sehingga kita dapat menghindari atau mengatasi masalah-masalah tersebut dengan benar dan tepat tanpa reaksi tiba-tiba

Untuk mengetahui lebih lanjut bisa melihat cuplikan video ini


Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Tango_(platform)