Apakah gigi susu yang tidak mau dilepas harus dicabut?

gap-2019489__340

Gigi susu yang tidak tanggal saat kita sudah dewasa bisa menyebabkan beberapa risiko, lalu jika tidak tanggal haruskah dicabut?

Gigi susu yang dimiliki bayi berusia 6 bulan hingga 2 tahun merupakan gigi sementara yang nantinya akan diganti oleh gigi dewasa atau permanen. Untuk digantikan gigi dewasa maka gigi susu pastinya harus tanggal terlebih dahulu. Hal ini karena gigi dewasa yang membutuhkan ruang saat menggantikan gigi susu. Biasanya proses tanggal gigi susu ini berlangsung dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, gigi susu yang tak kunjung tanggal membuat proses pencabutan harus dilakukan. Apakah proses pencabutan gigi susu ini boleh dilakukan? Ternyata ada beberapa kondisi yang menyebabkan gigi susu perlu dicabut. Berikut ulasannya.

Ketika Gigi Susu Goyang

Kondisi pertama yang mengharuskan gigi susu dicabut adalah gigi susu yang goyang. Gigi susu yang goyang memang menjadi pertanda bahwa ada masalah pada gigi susu yang sudah tidak kuat atau sudah perlu diganti gigi dewasa. Untuk mencabut gigi susu yang sudah goyang ini Anda bisa menggoyang-goyangkan gigi setiap hari hingga gigi susu dapat dicabut dengan mudah. Proses mencabut sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan kapas dingin. Cara lain bila Anda khawatir maka Anda bisa mencabut gigi susu yang sudah goyang ini ke dokter gigi.

Ketika Gigi Susu Kesundulan

Kondisi lain yang mengharuskan gigi susu dicabut adalah sudah siapnya gigi susu yang kesundul gigi dewasa yang akan keluar. Nah bila gigi dewasa nampak sudah mau keluar dan gigi susu masih menempel maka keadaan gigi susu yang mendorong gigi pun memang perlu segera diatasi. Dalam keadaan gigi susu yang mendorong gigi dewasa maka disarankan memang agar mencabut gigi susu. Jika memag gigi susu saat itu masih menempel dengan kuat, anda perlu mencabutnya ke dokter gigi.

Ketika Gigi Susu Mengalami Karies

Terakhir, kondisi yang mengharuskan gigi susu dicabut adalah saat mengalami karies. Karies atau keadaan gigi yang berlubang memang menjadi pertanda bahwa kesehatan gigi yang menurun. Jika gigi susu yang mengalami karies ini tidak segera dicabut bisa menyebabkan kerusakan pada saraf gigi. Selain itu karies pada gigi susu dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan gigi dewasanya kelak. Agar proses pencabutan gigi susu yang karies ini aman maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.