Apakah gigi geraham harus dicabut?

selain gigi susu apakah ada gii yang harus dicabut tanpa harus menunggu dia mengalami fase goyah atau biasa disebut goyang terlebih dahulu?
123

Perlunya gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan untuk dicabut meliputi beberapa alasan, yakni:

  1. Kebersihannya sulit dijaga sehingga akan mudah sekali terjadi karies atau lubang gigi dan infeksi. Hal ini disebabkan karena gigi tersebut terletak jauh dibelakang dan ruang tempat gigi tersebut sempit sehingga terkadang tidak terjangkau oleh sikat gigi, terlebih jika menggunakan sikat gigi dengan ujung kepala yang besar.
  2. Membahayakan kesehatan gigi geraham sebelahnya, yaitu gigi molar dua, karena biasanya posisi gigi geraham bungsu ini mendorong gigi molar dua. Terkadang, posisi yang tidak benar dari gigi geraham bungsu yang menghimpit gigi molar dua akan menyebabkan terjebaknya sisa makan yang sulit dibersihkan sehingga menimbulkan risiko gigi molar dua yang berlubang.
  3. Gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan rentan untuk mengalami penyakit gusi karena bakteri. Bakteri ini dapat membahayakan kesehatan rongga mulut dan kesehatan tubuh.
  4. Gangguan pertumbuhan pada gigi geraham bungsu dapat disertai kista atau tumor yang dapat merusak tulang rahang dan saraf.
  5. Dapat mengganggu dalam proses perawatan orthodontik atau kawat gigi

sumber:https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697054/5-alasan-mengapa-gigi-geraham-bungsu-perlu-dicabut