Apakah gigi geraham bungsu hanya tumbuh pada usia atau orang tertentu?

221
pada saat kecil kita tidak memiliki gigi geraham bungsu, dan tidak semua orang memiliki atau mungkin tidak semua orag sadar akan geraham bungsi

Tidak semua orang menyadari keberadaan gigi bungsu ini, karena hanya beberapa orang yang merasakan rasa sakit saat gigi ini muncul. Gangguan kemunculan gigi (impaksi) sebenarnya dapat terjadi juga pada gigi-gigi lain, namun frekuensi tertinggi ditemukan pada gigi bungsu. Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa 9 dari 10 orang mengalami gigi bungsu yang impaksi.
Umumnya, pada usia itu, pertumbuhan rahang telah selesai, sehingga tidak lagi terdapat tempat yang cukup untuk gigi bungsu. Alhasil pertumbuhan gigi bungsu kurang sempurna, ditambah dengan posisi maupun arah yang salah. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya rasa sakit saat munculnya gigi bungsu.
Bila gigi bungsu tumbuh normal ke dalam rongga mulut tanpa halangan, bila benih gigi terbentuk dengan posisi yang baik, lengkung rahang cukup untuk menampung gigi bungsu, gigi bungsu sebenarnya bisa sangat membantu dan tak akan menimbulkan rasa sakit sama sekali. Terutama untuk mengoyak dan mengunyah makanan yang cenderung keras.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemunculannya gigi bungsu:

  1. Masalah genetik
  2. Bentuk makanan yang dikonsumsi
  3. Benih gigi salah posisi

Referensi