Apakah genre musik Dangdut disukai oleh masyarakat luar negeri?

Musik dangdut merupakan musik asli dari Indonesia. Musik ini terkenal dengan bunyi suling dan dendangan gendangnya yang khas yang akan membuat kita akan ikut bergoyang. Musik dangdut tidak hanya terkenal di Indonesia bahkan sudah merambah ke luar nergeri, bahkan sampai ke eropa.

Seperti yang kita ketahui, bahwa musik Dangdut hanya populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun tidak semua masyarakat Indonesia menyukai musik Dangdut. Banyak yang menganggap bahwa musik Dangdut memiliki banyak sisi negatif, contohnya saja jika penyanyi Dangdut menggunakan pakaian seksi, sudah pasti masyarakat menilai hal tersebut sebagai hal negatif. Walaupun demikian, musik Dangdut sudah banyak di kenal di kalangan masyarakat luar negeri. Banyak yang menyanyikan lagu Dangdut dengan menggunakan bahasa inggris, jepang dan jerman. Perkembangan musik Dangdut di luar negeri bermula saat seorang penyanyi bernama Arreal Thilgman asal Amerika menyanyikan musik Dangdut pada ajang kompetisi pencarian bakat bernyanyi musik dangdut yang diadakan oleh New Sound Realese ( NSR ). Arreal Thilgman merupakan penyanyi dangdut profesional pertama dari Amerika Serikat.

Berikut penyanyi Dangdut yang berasal dari luar negeri :

  1. Arreal Thilgman (Amerika Serikat)
  2. Dangdut Cowboys (Amerika Serikat)
  3. John JLS (Amerika Serikat)
  4. Mbak Keiko (Jepang)
  5. Ricky Ujung atau Hwang Woo Joong (Korea Selatan)

Dan beberapa negara lain yang menyukai musik Dangdut yaitu Jerman dan Australia.

Referensi :

Musik dangdut merupakan musik asli dari Indonesia. Musik ini terkenal dengan bunyi suling dan dendangan gendangnya yang khas yang akan membuat kita akan ikut bergoyang. Musik dangdut tidak hanya terkenal di Indonesia bahkan sudah merambah ke luar nergeri, bahkan sampai ke eropa. Inilah negara-negara penyuka lagu dangdut :

  1. Amerika
    Di Amerika terdapat seorang penyanyi dangdut asli orang Amerika yang bernama Arreal Thilgman. Dia merupakan penyanyi dangdut pertama hasil kompetisi pencarian bakat bernyanyi musik dangdut yang diadakan oleh New Sound Realese ( NSR ). NSR sendiri merupakan perusahaan rekaman yang dimiliki okeh wanita asal Indonesia yang telah menetap di Amerika selama 20 tahun. Wanita tersebut adalah Rissa Asnan istri dari Fouad Kiamiliev

Menurut Prof Andrew di beberapa Universitas di Amerika, musik dangdut juga diajarkan. hal itu dikarenakan keunikan musik asli bangsa ini. Musik yang banyak dipengaruhi oleh berbagai musik seperti musik arab, India, melayu serta musik barat. Hal ini menambah kaya khasanah musik yang menonjol dengan bunyi ketipung ini. Dari hasil penelitiannya selama di Indonesia, Andrew telah menerbitkan buku yang khusus membahas tentang musik dangdut.

  1. Jerman

Di bawah ini adalah percakapan bule asal jerman saat di undang dalam acara bukan empat mata yang membahas tentang dangdut.

Pria asal Jerman tersebut bernama Eckhart. Karena ngefans sama pedangdut Meggie Z., namanya diubah menjadi Egi Z. Selasa (15/7), dia hadir di Empat Mata sebagai bintang tamu.

“Suka musiknya (dangdut) atau penyanyinya yang seksi?” tanya Tukul Arwana, host Empat Mata.

“Kalau boleh jujur, suka lagunya. Tapi suka juga dengan penyanyi yang seksi-seksi,” kata Eckhart alias Egi Z.

Dia mengaku selera musiknya yang lain daripada yang lain dibandingkan bule-bule lainnya, membuatnya tidak banyak berteman dengan komunitas bule.

  1. Australia

Musik dangdut juga telah merambah ranah di negeri kanguru Australia. Beberapa penyanyi dangdut pernah tampil di sana, antara lain Ikke Nurjannah, Meggy Z, Rhoma Irama dan beberapa lainnya. Di Aussie ada grup musik dangdut yang biasa tampil membawakan lagu dangdut yakni grup Soerkansyah yang dipimpin oleh Deva Permana.

Grup musik yang berdiri pada tahun 1999 ini beranggotakan Warga Negara Indonesia yang menetap di sana. Sejauh ini mereka sering membawakan lagu -lagu seperti fatimah, Bang Thoyib, Terrajana dan lagu-lagu lainnya. Mereka sering mengisi acara musik di KBRI. Soerkansyah juga pernah mewakili Indonesia dalam festival sejuta bunga tulip. Selain merupakan satu-satunya grup musik dangdut di Aussie, grup musik ini juga telah mengeluarkan album rekaman.

  1. Jepang

Nah, musik dangdut juga cukup terkenal di negara sakura ini. Aliran musik dangdut di Jepang lebih dikenal dengan J-Dangdut. Ada Grup musik di Jepang yang membawakan lagu dangdut, grup tersebut bernama OM RANEMA ( Orkes Melayu Rakyat Negeri Matahari ). Anggota ini terdiri dari Hamdan Ooki (Guitar), Kasep Ohya (Guitar), EBIZO (Bass), Bintan balu Nakamura (Mandolin), Hide shindoh (Percussions), M Yokota (Gendang), Dorce ZAB (Keyboards), Emily Chang (Keyboards), C Endoh (Suling),Venndy (Vo), Yuki Shara (Vo), Ukulele Windii (Vo) dan Erika A (Vo). selain OM RANEMA ada grup musik lain yang membawakan lagu dangdut di Jepang yaitu Hati 93 Dangduters.

Itulah beberapa negara penyuka dangdut, untuk itu kita sebagai orang Indonesia harus bangga dengan musik dangdut dan harus kita lestarikan