Apakah Gejala dan Tanda dari Klaustrofobia?

Klaustrofobia

Claustrophobia adalah sebuah penyakit gangguan kecemasan yang diakibatkan oleh ketakutan berlebihan terhadap ketidakmampuan untuk melarikan diri pada ruangan tertutup dan sempit.

1 Like

Berikut ini adalah beberapa macam gejala dan tanda klaustrofobia, diantaranya adalah:

  • Gelisah

Salah satu gejala klaustrofobia yang sangat mudah untuk dilihat adalah kecemasan. Penderita klaustrofobia akan mengalami rasa cemas yang mendalam ketika berada di ruangan sempit, bahkan cemas juga dapat terjadi meskipun mereka hanya membanyangkannya saja.

  • Masalah Pernafasan

Gejala lainnya dari claustrophobia adalah masalah pernafasan, yang biasa dialami adalah pernafasan, sesak nafas atau hiperventilasi. Hal ini disebabkan karena klaustrofobia dapat menyebabkan serangan panik yang berujung pada permasalahan tersebut.

  • Menghindar

Penderita klaustrofobia akan mencoba untuk menghindari berada pada tempat yang ramai atau acara-acara tertentu yang memiliki tujuan agar tidak berada pada ruangan sempit dan tertutup.

  • Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati yang mendadak juga menjadi salah satu gejala klaustrofobia, misalnya ketika mereka akan memasuki kereta yang sempit tiba-tiba menjadi sedih, gelisah, dan tidak tentu.