Apakah fungsi sebuah taman kota di era milenial saat ini?


(Muhammad Ridho) #1

taman kota_artikel1

Taman Kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota. Akan tetapi mayoritas warga kota jarang mengunjungi taman kota, biasanya hanya orang-orang tua yang mengunjungi taman kota. Seberapa banyak manfaat yang didapatkan dari adanya taman kota?


(Muhammad Ridho) #2

Diantara fungsi taman kota, tentu saja memiliki nilai tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh tempat lainnya. diantaranya :

  1. Penghijauan kota yang umumnya gersang tidak ada tumbuh-tumbuhan. Banyak lahan yang digunakan sebagai bangunan dan jalan sehingga penghijauan pada taman kota harus ada.

  2. Sebagai tempat rekreasi bagi penduduk kota. Saat warga kota ingin merasakan suasana yang sejuk, tidak harus pergi ke Gunung atau desa yang masih bayak tumbuhannya

  3. Untuk menyerap gas karbon dioksida (CO2) yang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor, mobil, pabrik, pembakaran sampah. Dalam proses fotosintesisi sebagai berikut: CO2 +H2O ———–<C6H12O6 + O2 (dengan bantuan sinar matahari)

  4. Pohon-pohonan dalam taman kota, bisa menyimpan air banyak sekali, tanaman terdiri dari 80 % air dan 20 % berat bahan yang lain seperti kayu daun, kambium. Sehingga kalau satu tanaman beratnya 1000 kg (1 ton) maka air yang dikandungnya = 80/100 x 1.000 kg = 800 kg air, yang volumenya = 800 liter… lha kalau dalam suatau taman kota ada 100 pohon saja maka air yang bisa disimpan ditaman kota sebanyak = 800 liter x 100 pohon = 80.000 liter kalau dimuat dalam truk tanki yang volumenya 5000 L akan tersedia = 80.000/ 5000 = 16 tangki air. Akhir taman kota bisa ikut serta dalam rangka mencegah terjadinya banjir, karena air tidak akan langsung terbuang ke sungai /selokan tetapi diserap oleh tumbuhan dalam taman kota tersebut.

  5. Menghasilkan gas Oksigen yang sangat diperlukan untuk pernafasan manusia dan hewan. Sehingga udara dikota diharapkan bisa segar karena banyak Oksigen (O2) yang dihaskan oleh taman kota.

  6. Sebagai media pembelajaran anak-anak sekolah tentang macam-macam tanaman, jenis tanaman sifat-sifat tanaman.

  7. Tempat hidup bagi binatang margasatwa (binatang,seperti burung, kelelawar, kupuo-kupu, jangkrik yang berfungsi sebagai peredator dalam kehidupan ini).