Apakah fungsi jaringan komputer?

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan sedangkan komputer sendiri pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaaanya melakukan perhitungan arithmatika dengan atau tanpa alat bantu.

Apakah fungsi jaringan komputer?

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari jaringan komputer karena jarkom merupakan interconnected collection of autonomous computers yaitu sebuah komputer yang memiliki dua,puluhan,ribuan,bahkan jutaan node.Adapun fungsi dari jaringan komputer:

1.Membagi Sumber Daya
Sumber daya tersebut dapat berupa printer atau sumber daya berupa data-data,sofware.Misal printer sebelum adanya jaringan komputer printer digunakan hanya untuk satu komputer saja tetapi setelah ada jaringan komputer printer bisa digunakan oleh berbagai komputer didalam satu ruangan

2.Realibilitas Tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua,tiga atau bahkan lebih komputer.Dengan demikian apabila ada satu komputer rusak meskipun data-datanya hilang tetapi kita masih bisa tenang karena data-datanya masih tersimpan di memory komputer yang lainnya

3. Sarana Komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan untuk komunikasi misalkan untuk memberika penguman sebuah rapat besar disebuah kantor mereka tidak perlu lagi menempel kertas dengan mengumumkannya teapi mereka hanya membutuhkan jaringan komputer untuk memberikan informasi tersebut.

4. Menjaga Informasi
Dengan jaringan komputer mampu menjaga informasi agar tetap andal dan up to date karena memiliki sistem penyimpanan data yang terpusat yang dikelola dengan baik oleh komputer server yang memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

5. Mempercepat Tansefer data
Mempercepat prose berbagi data karena transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagai data lainnya yang bukan jaringan dan hal ini juga sangat mempermudah user dalam memperoleh informasi

6.Mejadikan sebuah data menjadi aman
Jaringan komputer menjadi pelindung suatu data yang berguna untuk mencegah kehilangan beberapa data penting disebuah perusahaan .Jadi jika disebuah perusahaan sedang mendistribusikan salinan informasi penting maka jaringan komputer yang memastikan semua informasi penting tidak ada yang hilang ketika proses pendistribusiannya

Sumber:


Gambar Media Transmisi
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih sistem komputer yang melaksanakan tugasnya dan saling berhubungan satu sama lainnya. Hubungan yang dibentuk bisa dalam bentuk hubungan komunikasi seperti pesan instan, berbagi sumber daya (resource) seperti data, CPU dan hardware (CD-Rom, printer), dan akses terhadap informasi seperti web. Misalnya koneksi antara dua komputer, sehingga keduanya dapat bertukar informasi satu sama lain. Bentuk koneksi tersebut dapat melalui serat optik, kawat tembaga, gelombang mikro, dan satelit komunikasi (radio, satelit).

Adapun fungsi dari jaringan komputer, yaitu:
1. Keamanan
Jaringan komputer yang termasuk kedalam sistem memberikan sebuah layanan hak akses terhadap file atau sumber daya yang lain, sehingga terlindungi dari pengambilan hak cipta.

2. Biaya
Sumber daya hardware dapat di hemat karena antara hardware dan komputer dapat saling berbagi. Membangun jaringan dengan komputer kecil juga lebih murah daripada menggunakan mainframe. Terutama dengan menggunakan sistem client-server.

3. Kehandalan tinggi
Sumber alternatif dapat tersedia kapan saja ketika dibutuhkan. Contohnya seperti aplikasi pada sebuah bank, yang mana ketika satu mesin saja tidak bekerja, maka kinerja lainnya dapat terganggu karena sumber mesin satu dengan lainnya adalah sama.

4. Kecepatan
Jaringan komputer akan membuat kerjaan menjadi lebih cepat melalui fasilitas sharing nya yang memungkinkan dan memudahkan perpindahan (transfer) data antara dua komputer atau lebih.

5. Manajemen pemusatan aplikasi
Pada sebuah jaringan komputer dapat dilakukan pemusatan program aplikasi, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga untuk menginstalasi program pada masing-masing komputer. Karena semua aplikasi yang hendak diinstal dapat di programkan melalui pusat (central)nya.

6. Skalabilitas
Kinerja dapat ditingkatkan dengan cara menambah komputer server maupun client dengan mudah dan tanpa mengganggu kinerja komputer server atau client yang sudah ada lebih dulu.

7. Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan kerjasama antara orang-orang yang terpisah dengan jarak. Baik untuk berkomunikasi, bahkan bertukar data.

8. Akses informasi
Informasi yang dapat diakses lebih luas, bahkan informasi bisa diakses dan didapatkan dari jarak yang jauh sekalipun.

9. Berbagi sumber
Berbagi sumber disebut juga dengan resource sharing, yaitu seluruh program, peralatan dan data yang digunakan oleh setiap orang yang termasuk kedalam sistem tanpa dipengaruhi oleh lokasi client dan servernya

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang berdiri sendiri (Stand alone) yang dihubungkan menggunakan berbagai media penghubung. Komputer-komputer dalam sebuah jaringan saling berkomunikasi, bertukar informasi, dan dapat menggunakan resources yang dapat digunakan bersama melalui sebuah media. Resources ini dapat berupa hardware seperti printer, harddisk, faksimili, program aplikasi, internet dan lain sebagainya.

  1. Membantu mempermudah dalam sharing files Fungsi jaringan komputer pada kantor yang pertama yaitu membantu
    mempermudah dalam sharing files (berbagi file). Fungsi ini sangatlah membantu kantor atau perusahaan dalam berbagi file atau dokumen pada komputer antar divisi atau karyawan lain dengan mudah dan cepat.Maka dari itu, apabila menggunakan jaringan komputer, cukup dengan sekali klik, maka semua komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut bisa memperoleh akses ke file atau dokumen yang anda kirimkan.

  2. Proteksi keamanan terhadap data Fungsi jaringan komputer pada kantor yang kedua yaitu adanya Jaringan komputer berguna sebagai proteksi yang berperan dalam menjaga keamanan terhadap data – data penting dari kantor/ perusahaan. Dimana dengan adanya jaringan komputer pada kantor, maka data data penting kantor yang ada di komputer hanya dapat diakses oleh komputer yang terhubung ke dalam jaringan itu saja. Hal ini tentu menjadi solusi tepat dalam mengatasi pencurian data dan menghindari kejadian kepada orang orang yang tidak bertanggung jawab, yang dapat merugikan kantor/ perusahaan. Selain itu, sharing files dengan jaringan komputer juga terbilang lebih aman, pasalnya dengan jaringan komputer memungkinkan anda menggunakan fitur private email, yang mana selain orang kantor, orang lain tidak akan mengetahuinya, jadi aman.

  3. Komunikasi antar divisi
    Fungsi jaringan komputer pada kantor yang Ketiga yaitu proses Komunikasi antar divisi kantor lebih cepat dan mudah. Dimana Dengan menggunakan aplikasi dari sistem jaringan komputer, maka akan membantu komunikasi antar divisi di kantor atau komunikasi antar personal dalam satu lingkup menjadi lebih mudah.

  4. Membantu penyebaran informasi
    Fungsi jaringan komputer pada kantor yang Keempat, selain komunikasi,dengan jaringan komputer sangat bermanfaat dalam membantu penyebaran informasi lebih cepat.Tak hanya informasi dalam lingkup kantor, tapi informasi kepada para client bisa lebih cepat. Dengan semakin cepatnya arus informasi, maka akan dapat membantu peningkatan kinerja dalam suatu perusahaan. Maka sudah dipastikan hal ini sangat berdampak posistif bagi kelangsungan
    hidup organisasi.

  5. Mempermudah pekerjaan
    Fungsi jaringan komputer pada kantor yang Kelima yaitu mempermudah pekerjaan. Dimana dalam jaringan internet komputer dapat melakukan integrasi data dimana data yang tersimpan dalam komputer akan menjadi lebih up to date.Demikianlah informasi mengenai 5 Manfaat, Kegunaan dan Fungsi jaringan komputer pada kantor (perusahaan). Jadi sudahkan kantor anda memanfaatkan jaringan komputer ini?, jika belum, segera pasang, jangan
    sampai kantor anda dibilang jadul hanya karena belum pasang komponen jaringan komputer. Terimakasih.\

source: http://www.pengertianku.net/2014/06/pengertian-manfaat-dan-fungsi-jaringan-komputre.html