Apakah Fungsi dari Komunikasi Bisnis?

Komunikasi bisnis merupakan Komunikasi yang ditujukan atas serangkaian tujuan Komersil yang meliputi pertukaran ide, pesan ataupun konsep dalam rangka mencapati tujuan bisnis yang sedang di jalankan. Kartz (1994)

Komunikasi bisnis merupakan komunikasi didalam suatu organisasi untuk menyelesaikan suatu masalah Bisnis dalam pengambilan sebuah keputusan didalam suatu organisasi. Dan menurutnya semakin tinggi kedudukan seseorang maka akan semakin tergantung terhadap komunikasi bisnis ini dalam mengambil keputusan.Curtis (1992).

Apakah fungsi dari komunikasi bisnis?

Dalam proses komunikasi bisnis ini, terdapat fungsi dan tujuan di dalammya. Sebagaimana dinyatakan sutrisna dewi, yaitu :

  1. Informatif
    Pimpinan dan anggota organisasi membutuhkan banyak sekali informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Informasi tersebut berkaitan dengan upaya organisasi untuk mencapai tujuannya.

  2. Pengendalian (Regulatory)
    Komunikasi berfungsi sebagai pengatur dan pengendali organisasi. Komunikasi dalam hal ini berupa peraturan, prosedur, perintah, dan laporan.

  3. Persuasif
    Komunikasi berfungsi mengajak orang lain mengikuti atau menjalankan ide/ gagasan atau tugas.

  4. Integratif
    Dengan adanya komunikasi, organisasi yang terbagi menjadi beberapa bagian atau departemen akan tetap merupakan satu kesatuan yang utuh dan terpadu.

Sementara itu tujuan komunikasi bisnis yang dinyatakan Dan B. Curtis dan James J. Floyd dan Jerry L. Winsor, yaitu :

  1. Menyelesaikan Masalah dan Membuat Keputusan.
    Pendapat tersebut tidak dapat dibantah karena semakin tinggi kedudukan seseorang dalam bisnis, dirinya akan semakin bergantung kepada keahlian seseorang dalam bisnis., dirinya akan semakin bergantung kepada keahlian seseorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk suatu keberhasilan.

    Menurut Yulk , keahlian teknis seringkali lebih penting bagi para manajer tingkat rendah, walaupun tampaknya para manajer tingkat menengah menggunakan keahlian teknis dan konsepsi ( dalam pembuatan keputusan strategis ) paling sering digunakan para manajertingkat atas.

  2. Mengevaluasi Perilaku.

    Para anggota organisasi memerlukan suatu penilaian untuk mengetahui hal-hal yang akan mereka lakukan atau kapan koreksi terhadap prestasi mereka diperlukan. Penilaian terhadap hal-hal seperti itu memerlukan kepekaan dan keahlian komunikasi.

Tujuan lainnya dalam komunikasi bisnis, sebagaimana dinyatakan oleh Soeganda Priyatna dan Elvinaro Ardianto adalah pemenuhan kebutuhan barang dan jasa dalam masyarakat yang diperlukan untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Referensi :

  • Sutrisna Dewi, “ Komunikasi Bisnis “, ( Yogyakarta: Andi Offset ).
  • Dan B. Curtis dan James J. Floyd dan Jerry L. Winsor, “ Komunikasi Bisnis dan Profesional “, ( Bandung, PT Remaja Rosdakarya).
  • Soeganda Priyatna dan Elvinaro Ardianto, “ Komunikasi Bisnis “

Dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari pasti kita memerlukan adanya komunikasi. Karena itu merupakan aspek terpenting dalam sebuah relasi baik itu secara internal maupun eksternal. Dalam komunikasi juga bermanfaat untuk memelihara dan menggerakan kehidupan dari berbagai bidang kehidupan entah itu bidang yang umum seperti sosial , politik , ekonomi , pendidikan dan maupun secara khusus dalam dunia bisnis.

Peran komunikasi dalam dunia bisnis sendiri adalah sebagai penyelenggaraan komunikasi dengan pasar, ini merupakan hal yang penting karena berguna untuk menghasilkan relasi yang baik dengan pasar sehingga dapat memperluas jaringan dan juga demi berkembangnya bisnis yang digeluti, dan juga untuk menghasilkan produk yang di tujukan bagi setiap konsumen. Untuk mencapai sasaran atau tujuan bisnis yang maksimal maka ada perbagai prosedur dan langkah alternatif yang ditempuh untuk dapat menyempaikan pesan kepada setiap konsumen yang tidak dikenal, kita memerlukan sarana komunikasi pemasaran khusus seperti periklanan, karena periklanan dalam rangkaian usaha yang dilakukan setiap pengusaha merupakan suatu alat pemasaran yang bidang geraknya dapat mencakup semua bidang masyarakat dengan lebih efektif dan efisien .