Apakah fungsi dari Kementerian Pertahanan?

FUNGSI KEMENTERIAN PERTAHANAN
PERATURAN MENTERI PERTAHANAN KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

Kementerian Pertahanan selanjutnya disebut Kemhan, adalah unsur pelaksana pemerintah dipimpin oleh Menteri Pertahanan yang selanjutnya disebut Menhan yang berkedudukan berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden

Kementerian pertahanan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 3, Kemhan menyelenggarakan fungsi :

a. perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang pertahanan;
b. pengelolaan barang milik/kekayaan negara menjadi tanggungjawab Kementerian Pertahanan;
c. pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Pertahanan, dan;
d. pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.

Terbagi menjadi beberapa bagian kerja

• Sekretariat Jenderal
• Staf Ahli Menteri
• Inspektorat Jenderal
• Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan
• Direktorat Jenderal Perencanaan Pertahanan
• Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan
• Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan
• Badan Sarana Pertahanan
• Badan Penelitian dan Pengembangan
• Badan Pendidikan dan Pelatihan
• Pusat data dan informasi
• Pusat Keuangan
• Pusat Komunikasi Publik
• Pusat Rehabilitasi Cacat

Dari bagian-bagian diatas memiliki funsinya dan kewenangannya masing-masing. Dimana sudah dibagi sesuai dengan tujuan dan funsi Kementerian Pertahanan dalam melindungi kedaulatan negara.

Funsi dari Kementerian Pertahanan mlindungi dan menciptkan rasa keamana lewat kebijakanya, dimana membawahi aparat negara seperti polisi dan tentara, yang merupakan peran langsung dalam menangani langsung suatu masalah yang terjadi di masyarakat dengan kewenangannya sebagai pelindung. Untuk menciptakan suatu yang benar dan sesuai Kementerian melakukan suatu fungsinya sebagai perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang pertahanan.

Dalam melakukan perumusan terhadap kebijakan yang harus dilaksanakan Kementerian Pertahanan melakukan perundingan dengan presiden, sebagai bagai berperan dalam membentu presiden. Tanggung jawab atas keamanan negara dan masyarakat konsistensi sangatlah diperlukan guna mewujudkan masyarakat yang damai dan aman.

Pengelolahan barang milik negara merupakan kewenangan Kementerian Pertahanan, sebagai pelindung. Peran keamanan barang negara merupakan hal penting untuk melindungi kedaulatan negara. Dalam dunia internasional pertahanan yang kuat adalah dimana negara dapat mempertahankan kedaulatannya.

Peran sebagai pengawas pertahan dan kedamaian negara, Kemterian Pertahan melakuakan suatu pantauan terhadap daerah-daerah yang rawan koflik maupun yang tidak rawan konflik. Suatu masalah daerah-daerah di Indonesia yang sering terjadi konflik dan perbedaan kewenangan atau otonomi daerah ini merupakan hal yang paling penting untuk dipanatau.

Fungsi untuk menjaga kedamaian merukan hal yang harus dilaksanakan dengan benar-benar sesuai apa yang dilakukan di visi Misi kan. Konsisten terhadap isu daerah juga merupakan hal yang paling penting sebagai bahan masukan dan penelitian. Tak banyak dari sekarang ini juga terjadi konflik antar ormas aaatau organisasi yang dapat memicu suatu peperangan yang mengancam pertahanan dan kesatuan NKRI juga menjadi tugas pokok.

Selain mengurusi segala urusan yang ada di dalam negeri Kementerian Pertahan juga melakukan suatu kebijakan atau usulan untuk melakukan kerjasama dengan negara lain guna terbentuknya suatu pertahan yang kuat dengan saling akurnya anatar negara lain dan tak sedikit bantuan Indonesia untuk membantu pertahan negara lain dengan kerjasama latihan di Tomorleste untuk manjalin hubungan bilaterlal dalam bidang militer.

Dari ulasan diatas fungsi Kementerian Pertahan sangatlah sentral kususnya untuk mempertahankan kedaulatan negara dan status negara yang kuat dalam bidang Pertahan yang disokong oleh SDA yang cukup untuk membentuk suatu keuatan.

Sumber : https://www.kemhan.go.id/tugas-dan-fungsi, tanggal 6 september 2017