Apakah fungsi dari Kementerian Perindustrian?

Kementerian Perindustrian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang perindustrian dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara

Dalam fungsi pokoknya Kementerian Perindustrian dalam membantu presiden, melakuakn suatu pelaporan mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi di bidang perindustrian. Sertamelakukan perundingan tentang penanganan masalah yang terjadi serta mampu menganalisis dengan baik dan tepat, kareana dalam pemilihan kementerian langsung oleh presiden dan ditunjuk secara langsung. Dalam mandatnya yang diberikan oleh presiden harus dilaksanakan sesuai kepentingan masyarakat banyak tidak untuk kepentingan individu atau salahsatu orang.

FUNGSI

Dalam melaksanakan tugasnya, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang perindustrian;
  2. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan kebijakan di bidang perindustrian;
  3. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang perindustrian;
  4. Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di Lingkungan Kementerian Perindustrian;
  5. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi di Lingkungan Kementerian Perindustrian;
  6. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Perindustrian.

Dalam funsi Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang perindustrian, sesuai dengan kepentingan masyarakat luas. Dalam perumusan Kementerian Perindustrian melakukan perundingan program kerja untuk suatu kebijakan yanag dikeluatrkan. Dan ditetapkan sebagai program yanga harus dilaksanakan dengan persetujuan dari presiden dan pemerintah. Dalam pelaksanaannya harus sesuai ketentuan yang telah diatur, serta pengawasan tetap dilakuakan untuk melihat apakah sudah terlakssana dengan baik dan guna untuk melakukan pembaharuan atau penggantian program jika mengalami ketidak sesuan terhadap masalah yanga ada.

Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervise bimbingan untuk para pelaku industri dengan cara yang tepat sesuai program dalam rangka meningkatakan kualitas perindustrian agar tetap berjalan sesuai yang diingkan bersama, dan memberikan pengetahuan guna pelaksana indutri. Dan sesuai visi dari Kementerian Perindustrian yang mana sebagai bentuk konsistensi dalam kinerjanya. Dan tetap mendapatkan kepercayaan.

Pelaksanaan penelitian dan pengembangan, penelitian adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu cara untuk memecahlan masalah dan pengembangan perindustrian. Dalam melakukan penelitian konsistensi kerja tetap terlaksana guna mendapatkan suatu ketepatan untuk mengambil tindakan agar tidak terjadi dalam pengambilan keputusan. Dan dari hasil peneltian tersebut harus bersifat terbuka bagi masyarakat agar pengetahuan tersebut dapat dippelajari lebih lanjut bagi pelaku industri. Masalah yang terjadi sekarang adalah pengolahan dari limbah yang kurang dimanfaatkan, dari masalah ini para pelaku industri sangat membutuhkan peran Kementerian Perindustrian dalam menangani masalah ini.

Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif, dukungan dalam pelaksanaan pendirian atau pengembangan industry merupakan hal yang penting. Seperti menpermudah dan kelonggaran bagi pelaku induustri agar tidak terlalau terkekeang dengan aturan atau kebijakan yang diambilnya. Selain kemudahan dan kelonggaran perijinan maka peran pengawasan juga ketat agar tidak terjadi penyalah gunaan dukungan bagi oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pengelolaan barang milik/kekayaan negara, dalam penanganan barang yang dimiliki negara adalah tanggung jawab dari Kementerian Perindustrian. Yang mana dalam pengolahan ini perannya sangat penting dalam pengamanan asset negara yang bentuk barang yang keamanannya harus terjaga dengan baik dan tidak terjadi kesalah yang dapat merugikan negara. Serta juga berwenang mengambil kebijakan dalam pengolahannya sesuai dengan persetujuan negara.

Dilihat dari bentuk negara yang demokrasi maka sifat terbuka bagi Kementerian Perindustrian sangatlah penting untuk menerima kritik dan masukan untuk memperbaiaki kinerjanya agar tetap baik dan sesuai harapan masyarakat.

Sumber : http://www.kemenperin.go.id/tugas-pokok-fungsi-kementerian-perindustrian, tangga 6 september 2017