Apakah food waste merupakan salah satu faktor belum tercapainya ketahanan pangan saat ini?

Apakah food waste merupakan salah satu faktor belum tercapainya ketahanan pangan saat ini? Terima kasih kak.

Halo kak izin menjawab. Betul kak, food waste merupakan salah satu faktor belum tercapainya ketahanan pangan saat ini. Hal ini sesuai dengan gerakan yang dibuat oleh FAO (2014) yaitu untuk meningkatkan ketersedian pangan dengan mengurangi jumlah kehilangan bahan pangan selama produksi dan distribusi (foot loss) dan menurunkan kehilangan pangan karena konsumsi (food waste) bukan hanya dengan peningkatan produksi. Adapun pengertian ketahanan pangan menurut Surraya (2010) adalah keadaan saat semua orang memiliki akses fisik, sosail, dan ekonomi terhadap pangan. Menurut FAO (2011), 1,3 triliun ton bahan pangan hilang setiap tahunnya. Maka dari itu, untuk mencapai ketahanan pangan, kita harus mengurangi food waste.

Selamat malam kak, benar bahwa food waste merupakan salah satu faktor belum tercapainya ketahanan pangan. UN Food and Agriculture Organization (FAO) memberikan pengertian bahwa food waste merupakan semua makanan yang aman di konsumsi oleh manusia, namun pada akhirnya dibuang.

Perlu diingat bahwa ketahanan pangan merupakan suatu kondisi dimana terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang dapat dilihat dari tersediaan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya.

kebiasaan membuang-membuang makanan atau food waste dapat memicu terjadinya kelangkaan pangan dan akan berdampak buruk terhadap ketahanan pangan.