Apakah Fobia Sosial sama dengan Sifat Pemalu, Anti Sosial dan Introvert?

fobia sosial

Social Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan sosial, dikenal juga sebagai fobia sosial, adalah rasa ketakutan ekstrem dalam situasi sosial. Atau yang melibatkan performa tertentu, terutama situasi yang sama sekali asing. Atau di mana kita merasa akan diawasi atau dievaluasi oleh orang lain.

Lantas apakah Fobia Sosial tersebut sama dengan ketiga hal berikut ; Sifat Pemalu, Anti Sosial dan Introvert ?

Fobia sosial berbeda dengan sifat pemalu, Anti Sosial dan Introvert

PEMALU
Dikutip dari National Institute of Mental Health, Marcy Burstein, Ph.D, beserta tim meneliti tingkat rasa malu normal di kalangan remaja dan karakteristik lainnya yang tumpang tindih dengan gejala fobia social terhadap lebih dari 10 ribu pemuda Amerika usia 13-18 tahun.

Tim peneliti menemukan bahwa setengah populasi dari partisipan mengidentifikasikan diri mereka sebagai pemalu. Hanya 12% dari total anak pemalu yang juga memenuhi kriteria fobia sosial dalam hidup mereka.

Hasil tes di atas menunjukkan bahwa rasa malu/sifat pemalu dengan fobia sosial tidak selalu berkaitan langsung. Malah, kehadiran ciri fobia sosial dalam diri mungkin sebagai satu kesatuan yang berdiri sendiri. Terpisah dari rasa malu, pada beberapa kasus.

Singkatnya, penelitian Burstein berhasil membuktikan bahwa fobia sosial bukan hanya sekadar rasa malu. Sebaliknya, fobia sosial mempengaruhi sebagian kecil anak muda.


ANTI SOSIAL

Gangguan kepribadian ‘anti sosial’ yang sebenarnya ditandai dengan pola perilaku yang eksploitatif, penuh tipu muslihat, mengabaikan hukum, melanggar hak orang lain, serta kasar (cenderung kriminal). Tanpa motif yang jelas atau logis.


INTROVERT

Ciri kepribadian introvert sering diasumsikan sebagai sifat pemalu, fobia sosial, atau bahkan penghindaran situasi sosial.