Apakah faktor yang menyebabkan Bank Dunia menaikkan status Indonesia menjadi negara berpendapatan menengah keatas (upper middle income country)?

Bank Dunia menaikkan status Indonesia sejak 1 Juli 2020 dari negara berpendapatan rendah (lower middle income country) menjadi negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income country). Apakah faktor penyebabnya?

World Bank Headquarters di Washington D.C.
Sumber gambar: https://www.worldbank.org/en/about/contacts

Bank Indonesia menaikkan status Indonesia dari lower middle income country menjadi upper middle income country per Rabu (1/7). Kenaikan status tersebut diberikan setelah berdasarkan penilaian Bank Dunia terkini, gross national income (pendapatan nasional bruto) per capita Indonesia pada 2019 naik menjadi 4.050 dolar AS, dari posisi sebelumnya 3.840 dolar AS.

Klasifikasi kategori ini biasa digunakan secara internal oleh Bank Dunia, namun juga dirujuk secara luas oleh lembaga dan organisasi internasional dalam operational guidelines. Bank Dunia menggunakan klasifikasi ini sebagai salah satu faktor untuk menentukan suatu negara memenuhi syarat dalam menggunakan fasilitas dan produk Bank Dunia, termasuk loan pricing (harga pinjaman).