Apakah event giveaway iPhone bisa dikatakan menguntungkan atau malah merugikan?

image

Seringkali saya temukan online shop di media sosial mengadakan giveaway atau bagi-bagi iPhone gratis dalam rangka merayakan hari jadi ataupun pencapaian 100ribu followers dan yang lain-lain. Biasanya persayaratan untuk mengikuti giveaway ini harus mem-follow beberapa akun dan komentar sebanyak-banyaknya, kemudian pemenang dipilih melalui aplikasi acak nama.

Kalau dipikir-pikir, harga iPhone tidaklah kecil bahkan bisa mencapai belasan juta, tetapi dijadikan hadiah bagi para pemenang. Walaupun peluang untuk mendapatkan hadiah tersebut sangat kecil, mengingat peserta yang mengikuti giveaway iPhone biasanya sampai ribuan orang.

Apakah dengan mengadakan event ini bisa menguntungkan pihak yang mengadakan giveaway ini, atau malah merugikannya? dan kira-kira feedback apa saja yang didapat ?

4 Likes

Sepengamatan saya giveaway seperti ini memiliki tujuan dan target yang berbeda-beda. Tidak hanya akun online shop, bahkan beberapa artis juga sering mengadakan giveaway iPhone, bahkan ada akun-akun yang khusus diperuntukkan dalam mengadakan giveaway ini. Namun pertanyaannya, kira-kira mereka yang mengadakan giveaway seperti ini untung nggak sih atau malah rugi ?

Pertama, saya akan membahas dari akun-akun online shop. Mengadakan event giveaway ini merupakan salah satu metode marketingnya, yang dimana akan banyak pengguna yang ikut serta dalam giveaway ini, karena produk yang menjadi hadiah giveaway adalah produk berkelas. Biasanya persyaratan untuk mengikuti giveaway ini adalah memfollow akun onine shop tersebut, kemudian like semua foto yang ada di feed instagram olshop tersebut. Dengan begitu, jelas jumlah followers akan bertambah banyak dan likes foto-foto mereka juga bertambah.

Meskipun uang yang telah dikeluarkan secara kasat mata hanya dikeluarkan secara cuma-Cuma, namun feedback yang diperoleh adalah bertambahnya target pasar yang berpotensi untuk membeli produk yang dijual, atau minimal notice dengan produk yang dipasarkan. Secara tidak langsung, dengan mengadakan event giveaway iPhone seperti telah membuat suatu iklan sebagai bentuk promosi yang mendatangkan banyak orang untuk notice dengan produk yang dijual. Adapun jumlah followers yang menjadi banyak akan membuat akun online shop tersebut lebih terpercaya.

Kedua, akun-akun yang khusus dibuat hanya untuk mengadakan giveaway saja juga sebenarnya mendapatkan keuntungan, bahkan menurut saya keuntungan secara materi lebih besar dari akun-akun olshop tadi. Lalu, bagaimana strateginya ? Tentunya mereka menggunakan dana beberapa sponsor yang untuk mengadakan giveaway ini. Biasanya pesyaratan untuk mengikuti giveaway di akun ini adalah memfollow 10-15 akun sponsor yang telah dicantumkan di caption, kemudian komen nama masing-masing di kolom komentar, dan pemenang akan dipilih melalui aplikasi pengacak nama. Biasanya peserta giveaway ini sampai mencapi puluhan ribu orang karena hampir setiap hari akun tersebut mengadakan giveaway.

Mungkin hal ini bisa dikatakan sebagai endorsement, bedanya untuk menarik peserta adalah dengan mengadakan giveaway produk yang sangat diminati orang-orang. Karena berbentuk seperti endorsement, maka akun tersebut memberikan tarif yang harus dibayar kepada siapapun yang ingin menjadi sponsor sehingga akun sponsor tersebut menjadi salah satu akun yang harus difollow oleh peserta. Uang yang didapatkan, sebagian akan digunakan untuk membeli hadiah dari giveaway tersebut dan sebagian lainnya sebagai keuntungan bagi akun yang mengadakan giveaway ini.

4 Likes

Saya sangat setuju dengan pendapat yang dikemukakan oleh Nadira_Novianti. Memang kelihatannya sayang kalau berbagi cuma-cuma sesuatu yang terkesan mewah dan mahal. Tapi, feedback yang didapat sebenarnya juga sangat besar. Apalagi, kegiatan giveaway sudah menjadi lumrah untuk orang-orang yang ingin eksis. Intinya adalah menunjukkan eksistensi.

Efek dari eksistensi itu berantai. Awal mula, menunjukkan eksistensi berdampak pada followers/subscriber yang dimiliki. Kemudian, dari banyaknya itu akan berakibat ke insight akun kalau akun tersebut menjadi objek tontonan masyarakat. Setelah itu terjadi, hal tersebut dapat menjadi peluang untuk menjadi akun sponsorship bagi penjual-penjual online. Secara logika, kalau itu berjalan selama beberapa tahun pasti menguntungkan dan bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Pasti menguntungkan!

2 Likes

Saya rasa Giveaway ini adalah salah satu strategi ampuh oknum yang membuat giveaway, karena rata-rata barang atau bentuk giveaway cukup menjanjikan. Salah satunya mungkin sih iPhone yaaa, dan terkadang jenis iPhone yang dijadikan give away adlaah iPhone yang terbaru. Jadi menurut saya sih sah-sah saja karena ini adalah STRATEGI MARKETING, karena ketika kita mempromosikan sesuatu pasti akan ada yang dikorbankan terlebih dahulu, salah satunya adalah uang.

Kemudian apa feedback dari adanya giveaway ini ?
Yaa yang pastinya sih ia akan lebih dikenal oleh kalangan luas, sekarang kalau ditanya siapa sih yang gamau dapat giveaway gratis? Pasti rata-rata kebanyakan orang mau dan akan mengikuti syarat ketentuan yang ada, asalkan tidak terlalu memberatkan.

Kenapa harus mengadakan giveaway ?
Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa di lakukan jika melakukan acara giveaway. Sebagai contoh, ada seorang ibu yang harus mencuci pakaian dengan tangannya karena mesin cucinya saat itu sedang rusak. Karena sedang kelelahan, lantas si ibu beristirahat sambil membuka sosial media instagram. Saat membuka instagram, ternyata si ibu melihat ada suatu postingan giveaway dari salah satu toko elektronik terkenal dan hadiahnya adalah mesin cuci. Tanpa berpikir panjang, si ibu lantas tidak keberatan untuk melakukan like, komentar dan mention teman-temannya. Nah, acara giveaway tersebut juga ternyata menawarkan hadiah lainnya seperti kulkas, TV, dan alat elektronik lain. Sehingga, teman-teman si ibu tersebut pun semangat untuk berpartisipasi dalam giveaway tersebut

Drai contoh tersebut bisa kita simpulkan bahwa ketika orang membutuhkan sesuatu yang ada pada giveaway pasti akan banyak orang yang mengikuti.

Jadi ingat beberapa waktu lalu saya mengikuti giveaway dari salah satu selebgram, yaa tapi ternyata bukan rejeki hehe. Tapi dari adanya giveaway tersebut yang sebelumnya saya tidak mengenal orang tersebut saya menjadi mengenal dan tahu.

Bisa dilihat strategi marketing yang diterapkan selebgram tersebut sangat berpengaruh untuk membranding dirinya. Nah jadi yaaa memang event giveaway saat ini menjadi strategi marketing terampuh. Seperti yang disampaikan oleh mbk @Diah_Atika_Sari

Saat inipun yang melakukan strategi ini tidak hanya online shop, artis, selebgram, youtuber dan influencer lain pasti akan menerapkan strategi ini untuk membranding dirinya. Agar lebih dikenal khalayak luas sehingga berpengaruh pada dirinya. Jadi ya saya rasa tidak ada ruginya menerapkan teknik ini, meskipun ada dampak negatif salah satunya mungkin akan menjadi ladang penipuan tapi saya rasa hal tersebut masih bisa diantisipasi.