Apakah dengan menyanyi dapat meningkatkan self improvement kita?

Menyanyi adalah kegiatan mengeluarkan suara bernada; berlagu (dengan lirik atau tidak) yang sangat populer dilakukan banyak orang. menyanyi juga merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi yang suka menyanyi. bagi yang tidak suka menyanyi? kenapa kalian tidak suka menyanyi?

memang menyanyi merupakan hal yang aneh, bagi yang tidak suka nyanyi. tapi cobalah kalian untuk menyanyi sebentar, di sela-sela waktu luang kalian setelah mengerjakan tugas yang banyak sehingga membuat kalian pusing dan jenuh. jadi, dengan menyanyi, kalian kayak merasakan sesuatu hal . yang pasti kalian akan merasakan hal yang berbeda, seperti : ketenangan, kenyamanan, kayak lebih percaya sama diri sendiri gitu. apakah kalian setuju kalau menyanyi dapat meningkatkan self improvement kita ? kalau tidak setuju, apa alasannya?

makasih, ayo kita berdiskusi bersamaaa :slight_smile:

1 Like

Pengaruhnya mungkin terhadap psikologisnya, yang mungkin jadi lebih tenang. Bagi saya pribadi pengalaman, saya lebih percaya diri menghadapi sesuatu setelah menenangkan diri dengan mendengar musik sambil sedikit bersenandung/nanyi, dan jelas saya lebih tenang. Ketara banget perbedaannya dengan saya yang tanpa musik, jadi bagi saya tiada hari tanpa musik :joy:. Gimana denganmu?

sama banget sih, jadi. dengan kita menyanyi. aku jadi semakin merasa lebih tenang
tenang dalam artian bisa meluapkan segala hal negatif yang ada di fikiranku dan beban pikiran juga sedikit lebih berkurang

memang kita juga butuh waktu untuk menghibur diri kita sendiri dari segala kesibukan yang ada. so, jangan lupa luangkan waktumu untuk me time ! :slightly_smiling_face:

1 Like

Saya pernah diberi tahu oleh dosen bahwa ketika kita tiba-tiba bernyanyi, lagu pertama yang kita nyanyikan merupakan kondisi kita pada saat itu. Bukan yang direncanakan ya tapi yang ketika beraktifitas lalu tiba-tiba sjaa keluar nyanyian dari mulut kita tanpa kita sadari :joy: anyway, kadang kalau kita menyanyi lagu galau kita juga bisa galau dan hilang motivasi sih kak jadi tergantung kondisi psikologis pada saat itu. Kecuali kalau memang sudah ada penelitian mengenai menyanyi dapat meningkatkan self improvement mungkin kakak bisa beritahu lagi terima kasih kakk.

1 Like