Apakah dengan menggunakan pupuk kimia pertumbuhan tanaman jagung saya akan tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan pupuk organik?

Tanaman Jagung

Apakah dengan menggunakan pupuk kimia pertumbuhan tanaman jagung saya akan tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan pupuk organik? Apakah ada perbedaan antara penggunaan pupuk kimia dengan organik?

1 Like

Pupuk organik secara umum mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Dengan kondisi tanah yang baik akan menciptakan lingkungan tumbuh yang sesuai bagi pertumbuhan tanaman, yaitu tercermin pada penampilan tanaman yang berupa tinggi, jumlah daun, luas daun dan bobot kering tanaman yang baik. Walaupun genotifnya sama, dalam lingkungan yang berbeda akan berbeda pula penampilan suatu tanaman. Adapun peran bahan organik terhadap sifat fisik tanah adalah menjadikan tanah berstruktur remah, demikian pula dengan aerasi tanah menjadi lebih baik karena porositas atau ruang pori bertambah. Aerasi tanah berhubungan dengan kandungan air, gas O2, N2 dan CO2 didalam tanah, yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan akar dan kehidupan mikroorganisme tanah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Krestanita dkk (2013), perlakuan pupuk N (urea) dosis rekomendasi yang tepat memberikan pengaruh lebih baik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil jagung manis dibandingkan pemberian pupuk organik, baik berasal dari kompos rami maupun pupuk kandang sapi. Hal ini karena unsur hara yang dikandung oleh pupuk anorganik (urea) lebih cepat tersedia dan kandungan hara N lebih tinggi dibandingkan pupuk organik, sehingga langsung dapatdimanfaatkan oleh tanaman dan pengaruhnya langsung tampak pada pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Namun , penggunaan pupuk kimia juga memiliki kelemahan, yaitu antara lain harga relatif mahal, dan penggunaan dosis yang berlebihan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan apalagi kalau penggunaannya secara terus-menerus dalam waktu lama akan dapat menyebabkan produktivitas lahan menurun, sehingga dalam penggunaannya harus menggunakan kombinasi pupuk yang disesuaikan dengan kebutuhan lahan dan tanaman budidaya.

Sekiranya itu kak yang bisa saya jawab, kalau masih kebingunan boleh didiskusikan lagi hehe. Terima kasih kak :smile: :smile: :smile:

1 Like