Apakah dengan berpuasa dapat menurunkan kandungan Lemak pada Tubuh?

puasa

Berpuasa pada bulan Ramadhan menurunkan kandungan lemak pada tubuh. Dalam penelitian juga disebutkan berpuasa menurunkan kolesterol dalam darah, gula darah, kolesterol, dan menstabilkan tekanan darah.

Saat Anda berpuasa, tubuh Anda tidak mendapatkan energi dari makanan yang Anda konsumsi; makanan tersebut disimpan dalam bentuk glukosa pada hati dan otot. Proses tersebut dimulai delapan jam setelah Anda mengkonsumsi makanan yang terakhir. Ketika glukosa yang tersimpan digunakan, tubuh mulai membakar lemak –yang kemudian dijadikan sebagai sumber energi. Hal tersebutlah yang membuat berat badan Anda berkurang.

Penggunaan lemak sebagai energi juga dapat menjaga kekuatan otot serta menurunkan kadar kolesterol tubuh. Oleh karena itu, saat Anda berpuasa, Anda perlu memperhatikan keseimbangan makanan yang Anda konsumsi. Makanan harus mengandung energi yang cukup, seperti makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak.

Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah pola makan Anda, terutama saat berbuka. Sering kali, karena berpuasa seharian membuat Anda merasa berat badan berkurang, Anda merasa baik-baik saja jika mengkonsumsi banyak makanan. Padahal, puasa membuat membuat metabolisme tubuh Anda bekerja lebih lambat dari biasanya. Hal tersebut membuat Anda lebih berisiko untuk bertambah berat badan jika mengkonsumsi makanan berlebih.

Sumber: