© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apakah Dampak dari Perang Dunia ke-2 bagi Seluruh Dunia?

perang dunia ke-2

Perang Dunia Kedua adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: sekutu dan poros.

Apakah dampak dari perang tersebut?

1 Like

Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan setelah Perang Dunia II terjadi, adalah :

1. Bidang Politik

  • Munculnya dua kekuatan besar dunia (adikuasa atau super power), yakni Amerika Serikat dengan ideologi demokrasi liberalnya (liberalisme) dan Uni Soviet dengan ideologi komunisnya.

  • Terjadi Perang Dingin (cold war). Amerika Serikat dan Uni Soviet membentuk aliansi (persekutuan), seperti North Atlantic Treaty Organization (NATO), yaitu fakta pertahanan Amerika Serikat bersama negara-negara Eropa Barat. Adapun, aliansi bentukan Uni Soviet adalah Pakta Warsawa, yaitu pakta pertahanan bersama negara-negara Eropa Timur.

  • Munculnya negara-negara merdeka di Asia, seperti Indonesia, Filipina, India, Pakistan, dan Sri Lanka.

2. Bidang Ekonomi

Setelah Perang Dunia II berakhir, perekonomian dunia mengalami kekacauan. Amerika Serikat ketakutan pihak komunis akan memengaruhi negara-negara yang sedang kesulitan. Oleh karena itu, Amerika Serikat memberikan bantuan (kredit) melalui program Marshall Plan 1947.

3. Bidang Sosial

Munculnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1945. Adapun para pelopor pendiri PBB ini adalah Franklin Delano Roosevelt (Amerika Serikat), Winston Churchill (Inggris), dan Josef Stalin (Rusia).