Apakah dalam pembelajaran sehari hari kita memerlukan algortima ?

Algoritma

Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan.

Apakah dalam pembelajaran sehari hari kita memerlukan algortima ?

Ya , sangat perlu.

Algoritma adalah sesuatu yang diperlukan, algoritma merupakan langkah-langkah atau prosedur yang dilakukan secara berurutan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dalam pembelajaran sehari-hari,kita harus pelajarinya secara bertahap dan urut agar lebih mudah dipahami dan dikuasai.

Sebagai contoh , ketika kita belajar Pemprograman dasar. jika kita pelajarinya secara acak seperti belajar bab 1 kemudian bab 3 lalu bab 2 pasti akan membuat kita bingung.

Contoh lain saat melakukan percobaan reaksi kimia jika kita mencampurkan dua larutan yang tepat maka hasil reaksi tentu akan sesuai dengan ekspektasi, namun jika kita mencampurkan dua larutan yang tidak tepat yang terjadi akan diluar prediksi. Seperti itulah algorithma.

download3

Pada pembelajaran sehari-hari tentu algoritma adalah hal yang sangat diperlukan.
Algoritma adalah suatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya algoritma, kita dapat mengatasi masalah dari yang sederhana sampai yang kompleks sekalipun. Pada bidang pendidikan, kita sebenarnya kita juga telah menggunakan algoritma. Sebagai contoh, ketika kita menulis suatu materi yang diajarkan, kita perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan kertas atau buku tulis.
  2. Mempersiapkan alat tulis, seperti pena atau pensil.
  3. Mulai menulis.
  4. Setelah selesai, masukkan kertas/buku itu ke dalam tas.
  5. Buka kembali di rumah.
  6. Pahami materi yang dicatat.

Perlu

Algoritma adalah langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan sebuah aktifitas dengan benar dan tepat. Dengan menggunakan algoritma, kita dapat menyelesaikan masalah dan melakukan aktifitas dengan baik. Algoritma penting dalam kegiatan pembelajaran karena untuk mempelajari sesuatu kita harus melakukannya selangkah demi selangkah.

Sebagai contoh. Jika kita hendak belajar dengan menggunakan buku, sudah pasti kita akan membuka bukunya terlebih dahulu sebelum membacanya bukan?

Dari contoh diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebuah algoritma penting untuk pembelajaran sehari-hari. Algoritma tidak hanya digunakan untuk hal hal yang rumit saja tapi juga digunakan untuk hal yang sepele juga seperti algoritma membaca buku yang benar dan yang lainnya.

Sangat Perlu.

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis peyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Langkah-langkah di dalam algoritma harus logis, ini berarti hasil dari urutan langkah-langkah tersebut harus dapat ditentukan, benar atau salah. Langkah-langkah yang tidak benar dapat memberikan hasil yang salah.

Proses semacam algoritma sebenarnya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja jika Anda membaca resep masakan, selain bahan-bahan yang digunakan, Anda juga akan melihat prosedur untuk membuat masakan. Prosedur dalam resep seperti itu sebenarnya menyatakan semacam algoritma. Prosedur itu merupakan suatu urutan yang memandu orang untuk melakukan suatu proses. Namun ada perbedaan antara algoritma dan prosedur. Prosedur biasanya bersifat global dengan mengasumsikan bahwa manusia telah mengetahui rincian langka-langkah tertentu.