Apakah dalam hidup politik itu penting?

Politik (dari bahasa Yunani: politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara), adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.
Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:
politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.
Politik : seni dalam kita mencapai sebuah tujuan hal yang kita inginkan

Menurut saya, politik sangat penting untuk diketahui, walaupun tidak tertarik dengan dunia politik tetapi tetap kita harus setidaknya mengetahui bagaimana politik dan perkembangan politik paling tidak di Negara kit5a sendiri.

Mengapa saya katakan begitu penting? karena memang kita tidak akan pernah jauh dengan apa yang dimaksud Politik.

“Sejak jaman nabi sampai kini, tak ada manusia yang bisa terbebas dari kekuasaan sesamanya, kecuali mereka yang tersisihkan karena gila. Bahkan pertama-tama mereka yang membuang diri, seorang diri di tengah-tengah hutan atau samudera masih membawa padanya sisa-sisa kekuasaan sesamanya. Dan selama ada yang diperintah dan memerintah, dikuasai dan menguasai, orang berpolitik. -Pramoedya Ananta Toer”

Dari kalimat diatas, sudah jelas bahwa dimanapun kita berada selagi masih ada yang memerintah dan yang diperintah maka disitu dapat dikatakan politik atau berpolitik. Jadi jika anak muda jaman sekarang jika abay dengan permasalahan politik minimal politik di Negerinya sendiri maka akan jadi apa Negara kita dimasa mendatang, apakah kita biarkan saja seperti ini hingga anak cucu nanti? Politik di Negara kita saat ini belum dapat dikatakan baik dan pro rakyat, jadi jika kita tetap membiarkan hal semacam ini terjadi berulang-ulang, tidak berlebihan rasanya jika kita mengatakan negeri ini dijajah oleh segelintir rakyatnya sendiri.

Jadi menurut saya, sangat amat penting bagi siapa pun untuk tahu akan Politik agar tidak “dikibulin” terus menerus oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jika anda menganggap politik tidak penting, faktanya hidup anda, makanan yang anda makan tiap hari, transportasi yang anda gunakan, harga barang/jasa yang ada di negara ini semuanya di atur oleh beberapa orang yang berkuasa.

ketika anda melakuakn negosiasi, anda berdebat, dan anda menginginkan posisi tertentu dalam sebuah group atau organisasi itu juga bisa termasuk politik. Bagaimana anda menganalisa lawan bisnis anda, melobi kepada ketua RT untuk izin usaha, mengatur kebijakan dalam team anda agar bisa berjalan secara harmoni dalam mencapai tujuan. menurut saya juga bisa dikatakan politik.

Dalam lingkup besar, jika anda acuh terhadap politik sedangkan anda hidup di negara ini yang fasilitasnya diatur oleh pemerintah. ketika beberapa pejabat atas membuat regulasi atau project yang akan merugikan anda dalam jangka waktu lama, apakah anda akan acuh juga?

2 Likes

Politik memang sebuah seni dalam meraih kekuasaan, dimana seni sendiri mempunyai makna yang sangat luas.

Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam. Aristoteles

Seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan. Immanuel Kant

Saat ini banyak orang yang “menghindari” politik karena politik terlihat hanya berhubungan dengan bagaimana kita bisa meraih sebuah kekuasaan. Cara-cara kotor-pun dengan sukarela kita lakukan untuk meraihnya. Bahkan terkadang muncul idiom, "Tidak penting benar atau salah, karena yang paling utama adalah menang atau kalah."

Kalau kita kembalikan lagi bahwa Politik itu adalah seni dan seni menurut Aristoteles dan Kant adalah sebuah keindahan yang nyata dan sesuai dengan “hukum-hukum alam”, maka hal yang paling utama yang perlu diperbaiki adalah merubah cara pandang masyarakat kita bahwa “menggunakan cara-cara kotor dalam meraih kekuasaan” bukanlah sebuah politik.

Politik adalah keindahan. Politik adalah membangun. Politik adalah impian untuk menjadi lebih baik. Politik adalah kebergunaan terhadap masyarakat.

Apabila masyarakat memandang politik dengan kacamata seperti diatas, maka pertanyaan “apakah politik itu penting dalam kehidupan”, jawabannya adalah IYA.