Apakah Computational Thinking itu penting bagi diri kita?

Computational Thinking

Computational Thinking (CT) adalah sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran. CT memang memiliki peran penting dalam pengembangan aplikasi komputer, namun CT juga dapat digunakan untuk mendukung pemecahan masalah disemua disiplin ilmu, termasuk humaniora, matematika dan ilmu pengetahuan.

Persoalanya , Apakah Computational Thinking itu penting bagi diri kita ?

Karena dengan pesatnya perubahan zaman dan bertambahnya masalah yang semakinn kompleks. Metode pendekatannya pun terus berkembang, begitu juga dengan di cetuskannya Computational Thinking. Dengan berpikir secara murni logkia tanpa judgement tertentu masalah akan lebih efisien di pecahkan.

Begitu jug dengan masalah yang muncul bukan hanya semakin rumit, namun juga semakin banyak. Karena pendekatab Computational Thinking sangat rasional maka dari itu bidang dari segala permasalah dapat terselesaikan dari segi ekonomi sampai sosial.

Berdasarkan namanya juga, sebagai mahasiswa ilmu komputer ada baiknya jika kita memulai metode tersebut jika berhadapan dengan masalah. Bukan hanya saat ingin memecahkan masalah kita dapat mengimplementasikan prinsip tersebut terhadap program yang kita buat maupun kita kembangkan. Walau sejatinya setiap orang pada abad 21 ini harus mengadopsi metode tersebut setiap waktunya karena pada kesehariannya mereka salalu berhadapn dengan teknologi komputer dan harus berpikir seperti komputer agar ridak di perbudakkan.

Sebagai seorang manusia tentunya kita tidak luput dari bertemu dengan yang namanya masalah. Setiap masalah tentu membutuhkan sebuah jalan keluar atau pemecahan agar masalah tersebut dapat teratasi. Nah manusia sebagai makhluk paling mulia memiliki sebuah anugerah yang tidak dimiliki oleh makhluk lain yaitu akal fikiran. Kemudian, dalam memecahkan masalah tentu kita membutuhkan cara berpikir yang tepat. Dan disinilah Computational Thinking sangat berperan.

Apa sih Computational Thinking itu? Computational Thinking atau berpikir secara komputasi adalah cara atau proses berpikir yang melibatkan pemformulaan sebuah masalah dan menyampaikan solusinya dalam suatu cara seperti yang dilakukan oleh komputer (baik manusianya yaitu brainware atau hardware) menggunakan pendekatan yang efektif dan efisien. Dengan cara pendekatan yang efektif tersebut setiap masalah akan dapat teratasi. Selain itu, karena skill problem solving kita sangat baik, maka produktivitas diri juga akan meningkat. Nah, prestasi dan hal-hal positif lain akan terus berdatangan jika kita senantiasa produktif.

Dan pada tahun 2020 nanti, Computational Thinking akan menjadi syarat wajib bagi para pekerja di dunia global. Jika kemmapuan berpikir secara komputasional saja tidak bisa dilakukan maka bagaimana dia akan bertahan dalam kerasnya persaingan global. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah menggunakan Computational Thinking sangatlah penting.

Setiap manusia telah mempunyai akal dan fikiran , manusia diciptakan sempurna oleh Tuhan dengan memberi pikiran untuk menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi . fikiran adalah kemampuan manusia dalam memandang sebuah masalah , mengumpulkan informasi, mengolah data dan mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah masing masing , kita dapat memakai cara Computational Thingking (CT) untuk menghadapinya . Computational thingking penting karena CT sendiri itu kan suatu proses pembelajaran juga , ia memiliki peran yang penting terhadap pengambangan aplikasi aplikasi dalam komputer

Dalam mempelajari CT ada juga metode2 yang dapat dipakai antaranya decomposition yaitu proses memecah data atau masalah menjadi bagian bagian kecil . ada lagi Pattern Recognition yaitu kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaaan pola , ada juga Abstraksi yaitu proses melakukan generalis dan mengidentifikasi prinsip prinsip umum yang menghasilkan pola . dan metode yang terakhir adalah Algorithm Design yaitu upaya mengembangkan petunjuk permasalahan masalah yang sama secara satu per satu