Apakah Cara mudah memelihara tegu atau kadal argentina secara lengkap?

Foto-anakan-tegu-300x250

Bagaimana cara merawat kadal argentina dengan benar?

Sifat dan karakter argentine tegu.
Argentine tegu (tupinambis merianae) adalah sejenis kadal yang berasal dari Argentina. Ciri khas argentine tegu adalah corak putih pada kulit dan sisiknya, serta bergelombang halus seperti ular. Argentine tegu adalah hewan pemakan daging (karnivora), dan di habitat aslinya, tegu bisa hidup selama 10 hingga 15 tahun dan mencapai panjang 1,5 meter dan berat 13 kilogram.

Kandang pemeliharaan argentine tegu.
Argentine tegu yang masih bayi bisa ditempatkan dalam akuarium atau gex berukuran 50 sentimeter, namun argentine tegu yang sudah dewasa hendaknya ditempatkan dalam kandang permanen yang sesuai dengan besar tubuh tegu yang dipelihara. Kandang argentine tegu sebaiknya diberi pencahayaan dari sinar matahari langsung ataupun dari lampu UVB. Suhu dalam kandang argentine tegu hendaknya konstan berkisar 30 hingga 34 derajat celcius, suhu penjemuran (basking) argentine tegu berkisar antara 41 hingga 45 derajat celcius. Tempatkan hiding box dalam kandang tegu sebagai tempat bersembunyi serta tempatkan pula bak berisi air untuk tempat berendam tegu. Sebaiknya, kandang tegu dibuat diluar rumah dengan dilengkapi penutup dan pengatur suhu. Jaga agar suhu dan kelembaban kandang tegu agar selalu konstan. Suhu kandang argentine tegu yang berubah-ubah akan membuat argentine tegu pilek.

Pemberian makanan untuk tegu.
Meski termasuk hewan karnivora, argentine tegu juga kadang memakan sayuran dan buah-buahan. Anda dapat memberikan daging ayam, serangga, serta tikus untuk makanan argentine tegu peliharaan anda. Atur pola makan agar argentine tegu tidak obesitas karena tegu yang obesitas tidak bisa disembuhkan dan argentine tegu obesitas rawan mengalami sudden death atau kematian mendadak akibat kegagalan ginjal dan jantung. Pengaturan pola makan argentne tegu bisa dilakukan dengan cara membatasi asupan lemak dan protein serta pengaturan pemberian makan.

Handling argentine tegu.
Argentine tegu hendaknya dihandling atau diajak main minimal 20 menit setiap harinya. Hal ini mencegah agar argentine tegu mengenal anda dengan baik sebagai ownernya. Dengan cara seperti ini, argentine tegu peliharaan anda akan jinak kepada anda. Anda bisa menggunakan harness saat mengajak tegu berjalan-jalan.