Apakah Cabut Gigi Bisa Membuat Kebutaan?

11

pencabutan gigi saat ini masih menjadi kendala terhadap pengetahuan sebagian masyarakat di Indonesia. Terutama pada tingkat kepercayaan/mitos yang beredar di masyarakat masih tinggi tentang bahaya bila mencabut gigi akan merusak mata. benarkah?

Memang pada hukum medis mencabut gigi merupakan tindakan terakhir yang harus dilakukan oleh dokter, karena alasan gigi tersebut sudah tidak layak dipertahankan. Namun, Sebagian Moms masih menyadari jika masalah cabut gigi beresiko kebutaan, bahkan sampai ketakutan mengalami cabut gigi.

Mungkin salah satunya diyakini oleh Anda, Moms. Ketika mendengar kalau mencabut gigi bagian atas menyebabkan gangguan saraf mata dan berpotensi mengalami rabun atau kebutaan.

Perlu Anda ketahui Moms, perbedaan saraf diantara gigi dan mata itu tidak ada kaitannya. Oleh karena perbedaan itulah, tidak ada pendapat ahli yang mengungkap kebenaran mencabut gigi dengan kerusakan saraf mata.

Menurut Prof. Bambang Iriawan, pencabutan gigi yang dilakukan sembarangan memang bisa membahayakan. Namun, tidak sampai menyebabkan kebutaan, hanya dikhawatirkan adalah terjadinya infeksi yang mengakibatkan bengkak pasca cabut gigi.

Namun dokter gigi selalu mengingatkan untuk tidak mencabut gigi apabila kerusakan gigi tersebut tidak terlalu parah dan keadaan gigi Anda tidak dalam keadaan sakit. Karena itu bisa menyebabkan infeksi, Moms.

Nah, sekarang waktunya Moms untuk tidak khawatir terhadap cabut gigi dengan segala sesuatu yang hanya mitos belaka. Sebaiknya setelah melakukan cabut gigi, Anda mulai rajin periksa kesehatan gigi secara rutin, minimal 6 bulan sekali. Pastikan gigi Anda selalu sehat dan kuat setiap harinya.