Apakah Burung dengan Telur Terbesar dan Telur Terkecil?

Telur Terbesar dan Telur Terkecil

Pada umumnya, burung yang berukuran tubuh kecil akan memiliki telur berukuran kecil pula, begitu pula sebaliknya. Burung apakah yang memiliki telur terbesar dan telur terkecil?

Aepyornis maximus, seekor spesies burung dari Madagaskar yang tidak bisa terbang dan sudah mengalami kepunahan merupakan burung yang dikenal memiliki telur terbesar. Burung yang dikenal sebagai burung raksasa ini memiliki ukuran telur dengan panjang 34 cm dengan diameter 24 cm. Untuk saat ini, telur terbesar dihasilkan oleh burung unta Afrika Utara (Struthio camelus). Ukuran telurnya rata-rata memiliki panjang 15 cm -20,5 cm dan diameter 5 cm – 15 cm. Untuk burung dengan telur terkecil, yaitu berukuran sekitar 1 cm panjangnya, adalah telur burung Kolibri Vervain (Mellisuga minima) dari Jamaika.

Bila dibandingkan dengan ukuran tubuh burung, telur burung unta adalah salah satu telur terkecil untuk ukuran tubuh yang seperti itu, sedangkan telur burung kolibri adalah salah satu yang terbesar. Sebut saja burung Kiwi di Selandia Baru, ukuran telur yang dihasilkan relatif lebih besar terhadap ukuran tubuh burung kiwi yang hidup. Bahkan berat telurnya mencapai 0,5 kg

Sumber : http://sains.me/inilah-burung-dengan-telur-terbesar-dan-telur-terkecil/