Apakah bumi itu datar?

flath earth

Manusia sudah tahu jika bumi itu bulat sejak jaman Yunani Kuno. Kemudian pada awal Abad Pertengahan beberapa orang mengatakan bahwa dunia itu datar.

1 Like

Pernahkah kamu akhir-akhir ini mendengar tentang Flat Earth. Suatu bahan yang sangat menarik untuk dibahas karena apa yang diberitakan tentang Flat Earth itu sangat bertolak belakang dengan Globe Earth (Bumi berbentuk bola) yang kita ketahui selama ini.

Sejak kecil, kita diajarkan bahwa bentuk Bumi ialah bola atau Globe. TAda sebuah organisasi yang percaya bahwa Bumi ini bentuknya datar. Ya, organisasi tersebut bernama Flat Earth Society. Organisasi yang dibentuk oleh seorang pria asal Inggris, Samuel Shenton pada tahun 1956 ini pernah beroperasi selama kurang lebih 45 tahun.

Sejak kematian Samuel Shenton pada tahun 2001, organisasi ini menjadi tidak aktif lagi. Namun, organisasi ini baru-baru aktif kembali setelah dimunculkan presiden baru, yaitu Daniel Shenton.

Salah Satu Fakta Logis yang Menyatakan Bahwa Bumi Ini Datar adalah Bumi Tidak Mempunyai Lengkungan.

Jika kita melihat cakrawala ke arah laut yang luas dan panjang atau terbang di ketinggian 36.000 kaki, kita tidak akan bisa melihat lengkungan bumi. Lengkungan bumi itu bisa dihitung dengan rumus pythagoras. Dengan asumsi panjang jari-jari bumi 6.371 KM, lengkungan bumi seharusnya 8 inches/mile.

Berikut gambar cakrawala bumi diambil langsung dari ketinggian tertentu dengan menggunakan kamera biasa (bukan fish-eye atau fish-lens)

[

[

Pernah dilakukan percobaan dengan menggunakan sinar laser. Diketahui bahwa sinar laser dapat menempuh jarak sampai 20 KM. Percobaan dilakukan pada jarak 4 miles atau 6,4 KM. Berdasarkan data lengkungan bumi, seharusnya pada jarak 6,4 KM, buminya lengkung 3,2 meter. Maka, dipancarkanlah sinar laser sejauh 6,4 KM. Seharusnya, sinar laser tersebut melenceng sejauh 3,2 meter karena lengkungan bumi, namun ternyata tidak.

References

LINE TODAY