Apakah bulu kucing berbahaya bagi kesehatan manusia ?

Tidak jarang bulu kucing menempel pada pakaian pemiliknya ketika bermain dengan kucing peliharaannya. Namun, berbahayakah bulu hewan tersebut terhadap kesehatan manusia?

Kucing yang lincah dan suka bermain di luar bisa membawa berbagai bibit penyakit karena si kucing yang kurang pengawasan dari kita bermain di tempat yang kotor sehingga bulunya dihinggapi oleh parasit dan bakteri.
Berikut beberapa bahaya bulu kucing bagi kesehatan manusia.

  1. Penyakit Cakar Kucing (cat scratch disease)
    Penyakit cakarkucing disebabkan oleh bakteri Bartonella Henselae yang berpindah ke manusia lewat gigitan maupun cakaran hewan. Ciri-ciri terkenal penyakit ini seperti muncul benjolan kecil dalam jangka waktu 10 hari dan diikuti dengan gejala mual, muntah, demam juga radang.

  2. Ringworm
    Ringworm atau kita biasa mengenalinya dengan nama kurap merupakan penyakit infeksi yang ditularkan lewat bulu kucing, mungkin hampir sama seperti penyakit cakar kucing diatas. Ciri-ciri kurap ini seperti lingkaran kecil pada kulit yang gatal, berwarna coklat dan bersisik.

  3. Gejala Infeksi
    Infeksi yang disebabkan biasanya ringan dan beberapa kasus gak tampak secara fisik. Namun tetap saja harus dihindari, contoh infeksinya seperti Hidrosefalus, demam, penyakit kuning hingga pembesaran hati.

  4. Tokso
    Bulu kucing bisa menyebabkan tokso? Bukan bulu kucing yang menyebabkannya. Seperti yang sudah disebutkan sedikit di awal, penyebab bulu kucing berbahaya biasanya karena parasit.

  5. Bahaya bulu kucing bagi ibu hamil
    Untuk ibu hamil perlu waspada, karena penyakit tokso dari parasit yang dibawa oleh bulu kucing bisa menyebabkan cacat untuk bayi lahir dan rentan mengalami keguguran.

  6. Asma
    Asma merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh alergi yang dibawa oleh bulu kucing. Penyakit asma yang seperti ini juga bisa menurun ke anak kita!. Tapi gejala asma yang diakibatkan oleh bulu kucing bisa kita deteksi dengan cepat.

  7. Alergi
    Walau gak secara langsung, bulu kucing bisa menyebabkan reaksi alergi. Reaksinya menimbulkan rintis alergi yang bisa kelihatan dengan mudah seperti gejala flu. Adapun reaksinya seperti mata gatal, bersin, pilek.

Sumber:
https://kucingpedia.com/bahaya-bulu-kucing/#!