Apakah buah nanas memberikan dampak buruk terhadap janin?

Banyak yang menyukai buah nanas, jika pada masa kehamilan orang tua sering tidak memperbolehkan untuk memakan nanas, apakah buah ini memiliki dampak yang buruk terhadap janin ?

Bahaya buah Nanas Bagi Ibu Hamil

Fakta di masyarakat memang menunjukkan bahwa banyak Ibu hamil yang memang takut mengkonsumsi buah nanas selama masa kehamilan karena banyak yang mengatakan akan menyebabkan keguguran pada kandungan. Meskipun fakta lain juga menunjukkan bahwa buah nanas juga mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah mual dan muntah pada Ibu hamil. Berkaitan dengan fakta tersebut, berikut bahaya nanas untuk Ibu hamil, antara lain:

  1. Pemicu Kontraksi
    Bahaya pertama buah nanas bagi Ibu hamil ialah pemicu terjadinya kontraksi. Hal ini dikarenakan buah nanas dapat menyebabkan janin lebih baik bergerak dan mendesak terjadinya kontraksi disebabkan efek nanas yang memberikan rasa panas pada bayi. Kondisi ini tentunya juga tidak akan membuat nyaman sang Ibu sendiri. Meskipun efek tersebut benar-benar muncul dan terjadi ketika Ibu hamil mengkonsumsi nanas dalam jumlah besar, tetapi secara medis pun memang dilarang mengkonsumsi buah nanas apalagi bila mendekati tanda-tanda akan melahirkan karena dapat menyebabkan kondisi calon bayi terganggu.

  2. Menyebabkan Diare
    Bahaya kedua buah nanas bagi Ibu ialah menyebabkan diare saat hamil. Hal ini dikarenakan Ibu hamil mengkonsumsi nanas terlalu banyak dan adanya kandungan bromelain yang memang dimiliki nanas untuk mengatasi masalah sembelit. Sebaiknya ibu hamil menghindari risiko bahaya diare pada ibu hamil. Namun apabila dikonsumsi secara berlebih oleh Ibu hamil, maka akan menyebabkan diare, bahkan dapat membantu melembutkan leher rahim sehingga mengakibatkan kelahiran bayi premature.

  3. Mendorong Kelahiran Bayi Premature
    Bahaya ketiga buah nanas bagi Ibu hamil ialah mendorong kelahiran bayi premature atau bayi lahir kurang bulan. Hal senada sudah dijelaskan pada akhir penjelasan di poin 2 bahwa buah nanas dapat melembutkan leher rahim sang Ibu sehingga mengakibatkan kelahiran bayi premature karena adanya kandungan bromelain yang dimiliki oleh buah nanas.

Referensi