Apakah Berkomentar "Masuk Jurusan Pertanian, Mau Jadi Petani Kamu?" Termasuk Hate Speech?

image
Sumber: angkasa.co.id

Jurusan Pertanian seringkali dipandang rendah oleh orang lain. Saya sendiri pernah dikomentari oleh Budhe saya ketika masuk Fakultas Teknologi Pertanian “Kamu masuk pertanian? Mau ngelanjutin jadi petani kayak bapak kamu?”
Beberapa komentar lain yang sering saya dengar ditujukan untuk mahasiswa pertanian adalah “Cewek kok mau masuk pertanian”, “Jadi petani susah lo nanti”. Padahal petani adalah profesi yang sangat dibutuhkan untuk negara agraris ini. Apakah mengomentari jurusan pertanian termasuk hate speech?

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

1 Like

Ya, ujaran seperti itu mengandung unsur sarkasme yang mana maksudnya secara tidak langsung merendahkan suatu bidang pekerjaan, sehingga dapat menyinggung lawan bicara

Ya ujaran seperti itu menurut saya adalah hate speech, karena sejatinya jurusan pertanian tidak hanya menjurus menjadi petani, ada banyak yang dipelajari seperti geografi lahan, nutrisi tanaman, dan banyak lagi.
Menjadi petani juga bukan sesuatu hal yang buruk, karena kita hidup membutuhkan makanan, dimana makanan tersebut bersumber dari pengelolaan para petani

Ya, menurut saya itu termasuk hate speech karena jurusan pertanian itu lapangan pekerjaannya luas tidak hanya sebagai petani saja, namun juga bisa sebagai seorang insinyur, seorang akademisi, praktisi, maupun seorang pengusaha serta peneliti tanaman.