Apakah berenang dapat meningkatkan kepadatan tulang?


Merawat tulang menjadi hal wajib yang harus dilakukan agar terbebas dari pengeroposan tulang dan penyakit tulang lainnya di masa mendatang. Olahraga menjadi menjadi salah satu pilihan yang efektif untuk menjaga kesehatan tulang selain makan makanan sehat.

Namun, tidak semua jenis olahraga bisa menjaga fungsi tulang Anda. Lalu bagaimana dengan berenang, yang katanya bisa bikin badan lebih tinggi? Bukankah itu berarti berenang baik untuk menjaga kesehatan tulang? Tulis pendapat anda dibawah!

Apakah berenang dapat meningkatkan kepadatan tulang?
Dilansir dari laman Livestrong, berenang bukanlah olahraga yang tepat untuk meningkatan kepadatan tulang. Jika ingin meningkatkan kepadatan tulang, lebih cocok dengan olahraga yang memberi beban pada tulang. Olahraga seperti ini dikenal dengan nama latihan beban (tidak sama dengan latihan angkat beban).

Latihan ini mencakup aktivitas fisik yang mengharuskan Anda menahan beban tubuh menggunakan otot dan tulang kaki atau tangan. Contohnya jalan cepat, jogging, lari, lompat tali, bulu tangkis atau tenis, yoga, dan olahraga permainan lainnya yang membutuhkan gerakan berlari atau berjalan. Itu semua memberi pembebanan maksimal pada tulang.

Kenapa berenang kurang tepat untuk meningkatkan kepadatan tulang?
Renang adalah olahraga yang melawan gaya gravitasi. Efek dari adanya gaya gravitasi adalah terbentuknya berat. Nah, saat berenang yang terjadi justru efek hypogravity, efek gravitasi yang harusnya dirasakan akan dikurangi oleh air. Daya apung yang didapatkan saat berenang tidak memberi berat pada tulang untuk menahannya.

Padahal, untuk menghasilkan tulang yang kuat, diperlukan olahraga yang bisa memberi beban yang cukup pada tulang. Dengan adanya pembebanan, tulang akan merespon dengan membangun lebih banyak sel sehingga menjadi lebih padat. Secara khusus, olahraga yang memberi pembebanan akan merangsang sintesis osteoblas, yaitu sel yang membangun tulang.

Namun, ini tidak terjadi pada olahraga renang. Hal inilah yang membuat banyak orang menyimpulkan bahwa berenang tidak memiliki manfaat bagi tulang.

Sumber : Kesehatan tulang ketika berenang