Apakah berbahaya ketika darah menggumpal setelah pencabutan gigi?

Pencabutan gigi memang memiliki dampak yang tidak baik jika dilakukan dengan prosedur yang tidak benar, lalu bagaimana jika terjadi penggumpalan darah pasca pencabutan gigi, apakah berbahaya?

Paska pencabutan gigi, perdarahan, bengkak, nyeri, serta rasa tidak nyaman pada area gigi yang dicabut adalah hal yang sangat normal terjadi. Perdarahan paling banyak terjadi 2-3 jam setelah pencabutan gigi dan masih dapat berlangsung sedikit-sedikit selama 24-48 jam. Gumpalan darah juga normal terlihat pada area gigi yang dicabut dan sebaiknya jangan mengorek atau melepas gumpalan darah tersebut karena dapat menyebabkan perdarahan kembali terjadi. Rasa nyeri dan tidak nyaman di sekitar gigi serta bengkak dapat berlangsung hingga 3-4 hari paska pencabutan gigi dan akan perlahan-lahan membaik.

Dalam 3-4 hari ini, sebaiknya anda berhati-hati agar jangan makan terlalu keras terlebih dahulu, jangan berkumur terlalu keras, serta hati-hati dalam menyukat gigi di sekitar gigi yang baru dicabut. Anda dapat berkumur dengan air garam perlahan-lahan untuk membantu mencegah infeksi dan mengurangi nyeri serta bengkak, dan mengompres bagian pipi anda bila terlihat bengkak sampai ke pipi.

Tiga hingga empat hari paska pencabutan gigi, anda tetap dapat menjalani pekerjaan anda dan menjalani penerbangan panjang seperti biasa. Penerbangan panjang dan ketinggian tidak akan membuat gigi yang baru dicabut menjadi lebih nyeri ataupun berdarah kembali. Nyeri pada gigi bisa semakin memberat saat penerbangan bila terdapat udara yang terperangkap di dalam gigi misalnya dalam kasus gigi berlubang atau bila terdapat udara di dalam tambalan gigi. Pencabutan gigi tidak akan menyebabkan hal ini.

Bila anda mengalami perdarahan yang memanjang hingga lebih dari 48 jam, nyeri pada gigi anda rasakan hingga lebih dari 7 hari, atau gigi dan gusi anda menjadi semakin bengkak dan keluar nanah atau cairan berbau busuk, segera kembali berkonsultasi dengan dokter gigi anda.