Apakah berbahaya jika hutan di bumi terus di eksploitasi secara berlebihan?

eksplotasi hutan
Kehidupan manusia di bumi ini tidak terlepas dari kehidupan makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan dan hewan. Ketiga makhluk hidup di bumi ini manusia, tumbuhan dan hewan memiliki ikatan yang sangat kuat dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Jika salah satu kehidupan baik manusia, hewana atau tumbuhan akan mengakibatkan keseimbangan yang ada di bumi menjadi goyah dan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hutan merupakan ruang publik untuk kehidupan tempat tinggal bagi beribu-ribu jenis flora dan fauna yang ada di bumi ini. jika hutan sebagai tempat tinggal mereka rusak maka kehidupan pun akan rusak.

Apa yang ditanam itulah apa yang akan dipetik. Ironisnya yang akan memetik bukan hanya yang menanam saja terutama pada dampak negatifnya. Apa saja bahaya jika hutan di bumi terus dieksploitasi secara berlebihan ?

  1. Banjir

Banjir adalah kondisi dimana terjadi curah hujan yang tinggi namun tidak diimbangi oleh peresapan air yang baik di dalam tanah. Salah satu fungsi tumbuhan yang ada di hutan adalah untuk menampung air yang ada di dalam tanah dan membuat tidak terjadi pengikisan tanah yang akan menjadi penyebab erosi tanah. Banjir biasanya akan terjadi pada daerah yang tidak memiliki sistem drainase yang baik seperti karena terlalu banyak aspal dan tidak ada penyerapan ke dalam tanah serta ruang hijau yang sangat minim. Daerah tersebut biasanya terdapat di perkotaan yang sarat dengan gedung-gedung permanen. Penyebab banjir dapat menyebabkan susah mendapatkan air bersih, rusaknya saran dan prasarana, rusaknya area pertanian penduduk, menghambat kegiatan penduduk, menimbulkan berbagai jenis penyakit, dan lainnya.

  1. Tanah longsor

Tanah longsor merupakan keadaan dimana tanah pada bagian yang lebih tinggi turun menimpa bagian yang lebih rendah. Tanah longsor sebenarnya tidak berbahaya namun yang berbaya adalah jika terdapat pemukiman dibawahnya yang bisa tertimbun. Tanah longsor terjadi karena tidak ada penyangga tanah yang kokoh yaitu pohon. Jika hutan digunduli maka dapat menyebabkan tanah terkikis dan kehilangan penompangnya. Namun masih banyak cara untuk mencegah tanah longsor agar tidak merusak lingkungan di sekitar

  1. Rusaknya keseimbangan alam

Jika hutan terus dirusak maka akan terjadi rusaknya keseimbangan alam. Jika salah satu ada yang hilang pasti akan terjadi bencana yang lebih menakutkan yang akan memberikan dampak akibat kerusakan hutan pada lingkungan sekitar yang dapat merugikan seluruh makhluk hidup.

  1. Punahnya berbagai jenis tumbuhan dan hewan

Hutan sebagai tempat tinggal hewan dan tumbuhan jika terus dirusak dapat mengakibatkan salah satu dari tumbuhan dan hewan punah. Punahnya hewan dan tumbuhan ini tidak baik karena mereka merupakan sumber makanan yang menjadi bahan makanan manusia. Manusia akan mengalami kelaparan jika hal ini tidak dihentikan.