Apakah berbahaya bila berkeringat berlebih?

Sebenarnya, berkeringat sangat penting bagi tubuh karena berfungsi mengendalikan suhu dan air di dalam tubuh. Seseorang akan berkeringat lebih banyak saat suhu lingkungan panas, ketika berolahraga, atau sebagai respon terhadap situasi yang membuat mereka cemas, marah, malu, atau takut.

Orang dengan hiperhidrosis berkeringat bahkan di suhu udara sejuk atau ketika mereka sedang dalam kondisi istirahat. Hal ini karena kelenjar keringat yang terlalu aktif.

kondisi dimana seseorang bisa berkeringat sangat berlebihan dan tidak dapat diprediksi disebut Hyperhidrosis. Sebenarnya, berkeringat sangat penting bagi tubuh karena berfungsi mengendalikan suhu dan air di dalam tubuh. Seseorang akan berkeringat lebih banyak saat suhu lingkungan panas, ketika berolahraga, atau sebagai respon terhadap situasi yang membuat mereka cemas, marah, malu, atau takut.

Orang dengan hiperhidrosis berkeringat bahkan di suhu udara sejuk atau ketika mereka sedang dalam kondisi istirahat. Hal ini karena kelenjar keringat yang terlalu aktif. Ketika keringat berlebih muncul di area tangan, kaki, dan ketiak kondisi ini dinamakan Hiperhidrosis primer. Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui dan nampaknya dipengaruhi karena keturunan atau faktor genetik. Risiko bagi mereka yang memiliki hiperhidrosis primer tentu saja perasaan tidak nyaman baik secara fisik maupun emosional.

Tetapi, jika keringat berlebih disebabkan karena kondisi medis yang lain, hal ini disebut hiperhidrosis sekunder. Dalam Hiperhidrosis sekunder, keringat berlebih dapat muncul di semua bagian tubuh atau di satu area. Penyebab dari kondisi ini mungkin disebabkan oleh gangguan kelenjar tiroid atau pituitary, diabetes mellitus, penggunaan obat-obatan tertentu, encok, tumor, menopause, atau keracunan merkuri.

Untuk mengetahui apakah keringat berlebihan yang dialami seseorang normal atau tidak sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.