Apakah berat 1 pon emas dan 1 pon bulu sama?

emas

Meski jarang ditanyakan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun mengetahui jawaban satu pon berapa kilogram merupakan sebuah keperluan. Banyak orang awam yang tidak tahu apa itu pon. Mengapa bisa terjadi? Hal ini dikarenakan pon merupakan satuan yang tidak biasa digunakan di negara kita sendiri. Namun di negara lain banyak pula yang menggunakan satuan pon. Di Asia sendiri, orang-orang lebih memilih kg untuk satuan massa termasuk Indonesia.

Kebanyakan orang menyebut jika emas lebih berat. Namun jawaban itu jelas salah. Mengapa?

Emas ditimbang dalam sistem pengukuran troy. Beberapa hari ini, emas mengalami penurunan harga seiring dengan meredanya krisis utang yang melilit sejumlah negara eropa seperti Yunani dan Italia. Harga emas batangan pada hari ini berada pada harga Rp590.000 per gram. Sebagai acuan adalah harga Internasional yang berkisar USD 1.245 per Troy Ounce. (1 USD = IDR 13.323 dan 1 troy ounce = 31,10 gram).

Karena itu, saat kamu mengkonversikan keduanya ke sistem yang seragam, satu pon emas memiliki berat sekitar 373,24 gram dan satu pon bulu sekitar 453,59 gram.

References

http://bangka.tribunnews.com/2018/03/12/8-pertanyaan-sains-ini-hanya-orang-jenius-yang-bisa-menjawab-kamu-bisa
https://id.wikipedia.org/wiki/Emas