Apakah benar terdapat hubungan antara suku Hungaria dengan suku Hun?

Setiap dua tahun, di desa Bugac Hungaria selalu mengadakan festival musim panas yang dikenal dengan nama Kurultaj. Pada tahun 2016 lalu, majelis suku bangsa Hun-Turki ini melihat 250.000 peserta dari seluruh dunia. Namun, festival ini terutama dihadiri oleh orang Hungaria, dengan bangga merayakan hubungan mendalam mereka dengan Timur. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai hubungan antara kedua suku ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Magyar yang berasal dari Asia Tengah, menetap di Hungaria sekitar 900 AD, yaitu empat abad setelah kematian Attila. Namun, sejarah mengenai Hungaria telah lama menyatakan bahwa Magyar merupakan keturunan orang Hun.

Pada abad ke-19, gagasan bahwa orang-orang Hungaria memiliki asal Asia Tengah berkembang menjadi sebuah gerakan yang disebut Turanisme. Akarnya sangat politis dan digunakan sebagai amunisi dalam perjuangan bangsa untuk membebaskan diri dari Kekaisaran Hapsburg Jerman. Sampai hari ini, Attila dianggap sebagai bapak bangsa Hungaria. Teori “Attila the ancestor” jauh lebih populer daripada ide yang mengaburkan suku-suku Finno-Ugric yang memunculkan orang-orang Hungaria modern.

Referensi: https://www.melihatmisteri.com