Apakah Benar Menggunakan Lensa Kontak Membuat Mata Silinder Semakin Parah?

012369100_1563867845-Ini-Alasan-Mengapa-Anda-Tak-Boleh-Tidur-Memakai-Lensa-Kontak-By-Kotin-Shutterstock

Mata silinder atau yang biasa disebut Astigmatisme, yaitu gangguang mata yang ditandai dengan penghilatan seseorang yang buram dan bayang. Kondisi ini disebabkan oleh bentuk kornea atau lensa seseorang yang tidak cembung sempurna, sehngga cahaya yang masuk tidak tersebar merasa ke seluruh bagian mata. Selain penglihatan yang tidak fokus, ciri dari mata silinder lainnya adalah sakit kepala, mata tegang dan Lelah setelah membaca dan memakai gadget.

Biasanya seseorang dengan mata silinder menggunakan alat bantu penghilatan berupa kacamata namun, jaman sekarang ini banyaknya orang yang menggunakan lensa kontak sebagai alat bantu melihat terlebih yang matanya minus.

Seperti yang kita ketahui penggunaan lensa kontak itu tidak baik atau bisa juga berbahaya bagi mata. Nah apakah benar jika seseorang dengan mata silinder menggunakan lensa kontak sebagai alat bantu melihat dapat memperparah silinder matanya? Yuk share pendapat kalian!

Anggapan bahwa lensa kontak bisa memperparah mata silinder tidak benar. Pengidap mata silinder justru dianjurkan menggunakan lensa kontak untuk membantu penglihatan. Saat ini sudah ada lensa kontak khusus untuk pengidap mata silinder, mulai dari yang sekali pakai hingga sebulan pakai, di antaranya adalah:

  • Lensa kontak RGP sferis reguler, banyak digunakan untuk pengidap silinder -1.00 hingga +1.00. Lensa RGP adalah jenis lensa rigid (kaku) yang digunakan untuk mengoreksi penglihatan, termasuk mengoreksi minus, rabun jauh, dan silinder.

  • Lensa kontak torik yang dirancang khusus untuk pengidap mata silinder, hanya bisa digunakan dengan resep dokter. Lensa ini bisa membelokkan cahaya ke arah mata, sehingga membantu memperbaiki penglihatan pengidap silinder. Di dalam lensa terdapat dua kurvatura, sehingga bisa mencakup penglihatan jauh dan dekat.

Summary
1 Like