Apakah benar memakan cokelat sebelum tidur, akan memberikan kita mimpi indah?

tidur

(diana anindita putri) #1

Pernah saya menonton acara pada sebuah channel di televisi yang menjelaskan bahwa ketika kita memakan cokelat sebelum tidur, kita akan mendapatkan mimpi yang indah. Apakah hal tersebut benar? Dan jika benar, bagaimana proses terjadinya mimpi yang dipicu oleh cokelat.

Gambar: www.verywell.com


Apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan?
(Buana Randa) #2

Menurut apa yang saya tahu dan apa yang telah saya baca. Cokelat dapat membantu kita untuk bahagia karena zat - zat yang terkandung pada cokelat tersebut. Cokelat bisa dikatakan sebagai mood booster untuk kita jika merasa resah. Cokelat dapat memicu aliran neuron pada tubuh kita, dan mengirm sinyal pada otak kita yang menimbulkan beberapa emosi, beberapa sinyal rasa yang kita dapati saat makan cokelat adalah:

Phenylethylamine:heart_eyes:
Phenylethylamine biasa disebut sebagai “obat cinta”, zat ini biasa diproduksi oleh tubu kita saat kita merasa jatuh cinta pada seseorang. Zat ini mempengaruhi detak jantung, yang menyebabkan kita merasa gugup, senang, terpikat akan suatu hal.

www.mode.com

Serotonin:blush:
Adalah zat yang dapat membangkitkan suasana hati kita menjadi gembira. Serotonin dilepaskan ke otak kita dengan zat bernama Tryptophan yang ada pada asam cokelat. Zat ini membuat suasana hati kita lebih gembira.

Endorphins:relieved:
Zat ini terlepas ketubuh kita saat memakan cokelat. Zat ini berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan meredakan stress yang kita alami.

Flavonoids:innocent:
Zat ini juga terkandung pada cokelat dan berperan sebagai antioxidant pada tubuh kita. Zat ini juga bisa mencegah penyakit seperti serangan jantung. Cokelat pun juga ada efek baik untuk kesehatan kita.

Kenapa cokelat dikatakan mood-booster, seperti yang kita ketahui selain dari zat yang terkandung dan ditimbulkan cokelat dalam tubuh kita. Kita tahu bahwa cokelat sendiri memiliki rasa yang sangat nikmat dengan aroma khasnya. Merujuk kembali pada pertanyaan diatas, saya kurang paham dengan cokelat yang bisa membuat kita bermimpi indah. Namun, dari apa yang saya tahu, cokelat dapat membuat orang lebih bahagia dan sehat ketika memakannya dengan porsi yang wajar.

Jika ada pendapat atau tambahan informasi, tolong ditambahkan. Semua hanya berdasarkan pengalaman dan apa yang telah saya baca. :grin::smile:
Semoga bermanfaat.

www.teamcocoisys.blogspot.com

Sumber :




Apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan?