Apakah benar jika MVP adalah sebuah prototype?

image

Banyak orang yang menduga bahwa MVP adalah prototype. Lalu apakah benar pernyataan tersebut?

Dari beberapa artikel yang saya baca menyatakan bahwa MVP berbeda dengan Prototype, berikut beberapa alasannya yaitu:

  1. MVP adalah teknik pengembangan dimana produk atau situs web baru dikembangkan dengan fitur yang cukup untuk memuaskan pengguna awal. Sementara prototype adalah model dari produk masa depan anda yang dapat anda presentasikan kepada calon investor pertama.

  2. MVP berguna untuk mengkonfirmasi asumsi anda tentang nilai produk dan mengesankan pelanggan. Sementara prototype berguna untuk menguji system dan memukau para investor.

  3. Dari sisi focusnya, MVP berfokus pada deployment ke dalam produksi, sementara prototype kepada presentasi kepada stakeholder.

  4. MVP didesain untuk kelompok pelanggan yang cukup besar, sementara prototype untuk audiens kecil yang sering menjadi stakeholder.

  5. MVP merupakan versi pertama dari solusi lengkap, sementara prototype itu dikesampingkan setelah testing.

  6. Feedback yang dicari dari MVP adalah fitur dan functional dari produk, sementara prototype adalah konsep dan ide produk.

  7. Komposisi MVP dapat meliputi produk dasar fungsional, sementara prototype meliputi mock-up, video, dan presentasi.

  8. Customer value pada MVP yaitu memberikan nilai awal yang nyata, sementara prototype yaitu mendemonstrasikan nilai yang dijanjikan.

  9. MVP dibangun saat ada business case dan product sound, pendanaan yang cukup, risiko minimal. Sementara prototype dibangun saat ada business case dan produk unproven.

  10. Testing MVP di solusi produknya, sementara prototype di kebutuhan pasarnya.

Referensi: