Apakah benar gigi anak dapat maju karena penggunaan dot?

Penampilan gigi sangat penting dalam penampilan, ada beberapa orang yang memiliki bentuk gigi yang sedikit lebih maju, apa yang menyebabkan hal ini dapat terjadi?

“Pada anak di masa pertumbuhan, gigi tonggos ini lebih cepat karena tekanan dari dalam ke luar akibat gerakan empeng itu itu menyebabkan rahang maju,” kata Prof Heriandi ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (10/12/2014).

Normalnya, anak masih mengedot atau mengempeng sampai berusia 2,5 tahun. Namun, jika lebih dari itu, menurut Prof Heriandi sebaiknya dicegah agar giginya tidak tonggos. Meskipun, ada faktor lain yang menyebabkan gigi tonggos misalnya kebiasaan buruk dan faktor psikologis.

Jika penyebab sering ngempeng karena anak merasa kurang disayang, maka orang tua perlu lebih memperhatikan si kecil. Sebaliknya, jika penyebabnya karena kebaisaan buruk, harus dibawa ke dokter gigi dan dipasangkan alat creed yang diletakan di mulut.

“Jadi kalau anak mau gigit-gigit kan gak enak, sehingga dapat mengganggu kebiasaan tersebut. Tapi, harus dengan konsultasi dokter terlebih dahulu karena alatnya tidak hanya creed, melainkan banyak alat,” tutur Prof Heriandi.

Dihubungi terpisah, Prof drg Armasastra Bahar, PhD menekankan sebaiknya orang tua tidak membolehkan anak mengemut empeng. Sehingga, orang tua harus bertahap berusaha menghilangkan dan mengurangi kebiasaan anak yang suka ngempeng. Caranya dengan dilarang pelan-pelan atau membungkus jari anak dengan perban supaya ketika dia mengemut ada rasa tidak nyaman dan tidak enak.

sumber : Kebiasaan Ngempeng Bisa Bikin Gigi Anak Tonggos? Ini Kata Dokter