Apakah benar flora dan fauna di Pantanal lebih banyak daripada di Amazon?

Flora fauna di Pantanal
Sebagai paru-paru dunia, hutan Amazon memang sangat penting bagi kelangsungan planet bumi. Hutan ini juga memiliki koleksi flora dan fauna yang luar biasa. yang mepunyai informasi mengenai Pantanal ini mungkin bisa dishare. Karena saya dengar tempat ini sangat indah dan keanekaragam flora dan fauna lebih banyak daripada amazon ? Apakah Benar ?

Jika Amazon adalah paru-paru dunia, taman nasional yang menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO ini bagaikan jantung raksasa yang berdenyut seiring aliran darah. Dataran Pantanal hidup dari curah hujan tinggi yang membanjiri wilayahnya setiap tahun. Saat musim hujan tiba, 80 persen area Pantanal menjadi genangan raksasa yang menjadi habitat sempurna bagi kawanan egrets, bangau, spoonbill, serta berbagai jenis siput dan ikan.

Tetapi fauna yang bisa ditemui di Pantanal tidak terbatas pada unggas, siput, dan ikan-ikanan saja. Jaguar, semut raksasa, babi hutan, rusa, howler, monyet capuchin, anaconda hijau juga berbagi kehidupan di rawa-rawa Pantanal. Tak seperti Amazon yang sebagian hutannya terlalu lebat untuk ditembus sinar matahari, satwa penuh corak dan warna di Pantanal bisa dilihat dengan mata telanjang.

“Pantanal adalah lingkungan yang sangat terbuka,” kata pendiri Photo in Natura, Daniel De Granville kepada National Geographic. Pria ini sudah menjelajahi Pantanal selama dua dekade. “Anda bisa melihat sejauh mungkin.”

Uniknya lagi, pemandangan di Pantanal bisa berubah setiap hari. Sungai terbentuk, kolam-kolam menghilang dalam hitungan hari. Benar-benar surga tropis yang menawarkan pertunjukan baru setiap harinya.