Apakah benar facebook dulu menggunakan MVP sebelum facebook menjadi seperti saat ini?

Facebook adalah social media dengan pengguna yang mencapai lebih dari 2 miliyar, dan bagaimana kah mark membangun facebook diawal masanya, dengan apa yang membuat ia yakin dengan productnya akan jaya? apakah MVP?

images

Saat pertamakali Facebook diluncurkan, itu bukanlah product awal yang Mark dan temannya buat dan racik hingga menjadi facebook, dibalik itu ada banyak sekali kunci yang mereka pegang dari sekian banyak MVP yang berhasil, dengan banyak ide unik dan sejumlah bisnis yang prospect yang telah mengakibatkan Facebook menjadi sukses hingga hari ini, berikut ini MVP utama yang membuat facebook bisa menjulang tinggi hingga hari ini :

  • Zuckerberg membangun model dasar produk yang berisi hanya fungsionalitas yang diperlukan untuk memenuhi tujuannya. Banyak fungsi Facebook yang saat ini tidak disertakan dalam rilis pertama (fungsi dalam product pertama Facemash).
  • Aplikasi ini dirilis untuk sekelompok kecil pengguna untuk menguji apakah aplikasi ini berjalan dengan baik dan mendapatkan feedback (Facemash sebelum facebook).

Dan Facebook dikenal sebagai The Ultimate of Minimum Viable Product

Sumber :
https://clearcode.cc/blog/successful-startups-minimum-viable-product/