Apakah benar cuaca bisa mempengaruhi produktivitas?

unnamed (1)

Produktivitas adalah kita sebagai manusia menjalani hari - hari yang produktif dan dapat menyelesaikan banyak tugas dengan hasil yang memuaskan. Tapi apakah benar bahwa cuaca mempengaruhi produktivitas kita saat bekerja?

Dalam studi yang diadakan oleh Harvard Business School terhadap sebuah bank di Jepang, periset menemukan kalau para pegawainya menyelesaikan proyek lebih cepat pada hari mendung hujan dibanding di hari cerah.

Menurut tim riset studi tersebut, pegawai cenderung mudah teralihkan perhatiannya jika cuaca di luar cerah, mereka diduga akan sedikit-sedikit melirik keluar jendela dan membayangkan aktivitas lain yang dirasa lebih menyenangkan di luar dibanding bekerja di dalam ruangan. Berbeda saat hujan turun dimana hujan meminimalisir pikiran dan imajinasi yang melayang, sehingga pegawai lebih bisa fokus pada pekerjaan.

Lantas, apakah Youdics setuju dengan hal tersebut?

Ada benarnya juga penelitian tersebut, sebab ketika cuaca mendung atau hujan kita tidak punya banyak pilihan selain melanjutkan pekerjaan. Tetapi ini hanya berlaku bagi pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam ruangan ya… sebaliknya jika pekerjaan tersebut harus dikerjakan di luar ruangan tentu cuaca mendung akan menghambat produktivitas karena membuat mereka tidak leluasa bekerja.

Tapi sepertinya hasil penelitian itu tidak berlaku di Indonesia, sebab pada umumnya jika cuaca mendung dan tidak bersahabat justru membuat pegawai malas dan membuatnya lebih mudah lapar dan mengantuk hehehe

setuju sama ka @Maulana12 mungkin di Indonesia sudah menjadi kebiasaan ya kalau mendung atau hujan enak nya rebahan aja dan malas-malasan

Mungkin beda orang beda juga efeknya. Ada orang yang justru kalau hujan malah tidak produktif karena hawa dinginnya membuat mereka ingin segera tidur. Apalagi di situasi WFH seperti ini, jauh lebih mudah menjangkau kasur. Namun ada juga yang lebih suka bekerja saat cuaca mendung karena hawanya dingin sehingga lebih enak untuk beraktivitas daripada saat cuaca panas yang menimbulkan keringat berlebih.
Meski begitu, seharusnya cuaca tidak begitu mempengaruhi kadar produktivitas seseorang. Kan repot jadinya kalau sedang musim panas terus atau musim hujan terus. Jangan hanya karena cuaca mood bekerja kita jadi hilang.

Cuaca sangat bisa memengaruhi psikologi secara halus. Walaupun penjelasannya belum bisa dijelaskan lebih detail, tetapi sejauh ini alasannya lebih ke arah fisiologis. Di mana cuaca panas menyebabkan ketidaknyamanan, sehingga membuat orang-orang yang terpapar merasakan ketidaknyamanan secara fisik dan psikis, atau biasanya dengan hawa dingin karna hujan membuat orang jadi memilih untuk rebahan. jadi semua kembali ke pribadi masing-masing

Menurut saya cuaca mungkin akan berpengaruh kepada produktivitas seseorang ketika dia melakukan aktvitasnya di luar di mana sinar matahari langsung mengenai kulit tubuh. Ketika hujan, cenderung akan menghambat aktivitas manusia ketika dia sedang di luar. Sedangkan yang beraktivitas di dalam bangunan bisa jadi cuaca mempengaruhi bisa jadi tidak mempengaruhi aktivitas. Mungkin secara psikologi, cuaca akan berpengaruh terhadap mood seseorang dalam beraktvitas. Biasanya cuaca cerah akan mensuasanakan lingkungan yang fresh, sedangkan ketika hujan cenderung membuat orang-orang mudah malas dan mengantuk.

Studi tersebut sesuai dengan apa yang saya alami. Saya merasa ketika mengerjakan tugas saat cuaca hujan dapat lebih konsentrasi dibandingkan pada saat cuaca cerah. Hal ini karena suara hujan yang menenangkan dan membuat nyaman, sehingga membuat saya lebih fokus dalam bekerja yang dapat meningkatkan produktivitas. Sementara pada cuaca cerah tepatnya pada siang hari, cenderung memiliki suhu yang panas dan terganggu oleh kebisingan di luar ruangan, sehingga saya merasa sulit untuk konsentrasi karena seringkali terjadi distraction.

Kalau saya bisa mempengaruhi. Namun berbeda dengan hasil riset di atas. Kalau saya merasa malas bergerak dan kurang produktif saat hujan. Karena udara yang dingin membuat badan rasanya ingin tidur saja. Ditambah hujan di luar yang membuat malas untuk keluar dari rumah. Dan saya merasa lebih produktif di saat cuaca cerah, langit yang cerah dapat memberi saya semangat untuk melakukan produktivitas.

Menurut saya produktivitas bisa dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Karena secara tidak sadar ketika cuaca mendung atau hujan maka kita lebih sering rebahan atau tiduran dikasur saja, bahkan orang yang bekerja dikantor juga terkadang malas untuk berangkat ke kantor. Belum dijalan macet ataupun kondisi baju selepas terkena hujan turun. Menurut saya secara tidak sadar cuaca bisa mempengaruhi produktivitas kita.